Dulce De Leche Bundt Cake


Masih ada satu kaleng dulche de leche belum tersentuh jadi saya cobain bikin bundt cake. Bundt cake itu sama dengan cake tulban. Nama bulenya aja bundt cake. Padahal ya cake tulban.

Dulce de leche bundt cake ini enak banget. Terasa sekali dulcenya. Harusnya dulce dikasi sedikit saja di bagian tengah sehingga ketika dipotong akan ada motif dulce di tengah-tengah adonan. Nah, saya dengan sotoynya kasi dulce de lechenya terlalu banyak (saya kasi sekitar ½ kaleng) sehingga dulcenya turun ke bawah dan membuat caramel di bawah cake. Pas bikin ga nyadar kalo dulce yang berat bakal turun. Alhasil ketika cake matang dan dikeluarkan dari adonan, dulce yang turun ke bawah nempel di loyang. Bundt cakenya tetep enak, penampilannya aja yang jadi sangat tidak menarik. Bagian bawahnya jadi basah dan lengket dimana-mana.

Karena penampilan cakenya ga maksimal, motonya pun jadi mati gaya.


Resep diambil dari Food Librarian. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Saya bikin hanya 2/3 resep. Pas untuk loyang 20 cm. Bagi yang mau bikin 2/3 resep juga silakan dikalkulasikan sendiri ya. Di resep ini menggunakan buttermilk. Buttermilk siap pakai ada dijual di toko bahan kue atau supermarket besar. Buttermilk bisa dibikin sendiri juga dari susu cair + sedikit perasan lemon / cuka, kemudian tunggu hingga bagian atasnya menggumpal, buttermilk siap digunakan.

Bahan:
14 oz dulce de leche (392 gram)
1 cup mentega tawar (225 gram)
1 cup gula palem (179 gram)
4 butir telur
2 sdt vanilla bubuk
1 cup buttermilk (240 ml - saya gunakan plain yogurt)
1 sdt bakingpowder
½ sdt baking soda
½ sdt garam
3 cup terigu serbaguna (420 gram)

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan suhu 350 F (180 C)
- Siapkan loyang tulban, olesi dengan mentega dan taburi dengan sedikit terigu.Sisihkan.
- Buka kaleng dulce de leche, sisihkan ¼ bagian untuk ditaruh di tengah cake.
- Aduk rata terigu, baking powder, baking soda, dan garam. Sisihkan.
- Di dalam bowl besar, kocok mentega dan gula palem dengan menggunakan mixer hinnga lembut. Tambahkan dulce de leche. Kocok sebentar hingga tercampur rata.
- Tambahkan telur dan vanila, kocok rata.
- Dengan kecepatan rendah, masukkan buttermilk dan terigu secara bergantian (terigu, buttermilk, terigu, buttermilk, terigu). Jangan terlalu lama dikocok, cukup sededarnya saja. Aduk dengan spatula. Pastikan semua adonan tercampur rata.
- Masukkan ¾ adonan ke dalam loyang. Tambahkan dulce de leche di tengahnya. Tutupi lagi dengan sisa adonan. Rapikan bagian atasnya dengan spatula.
- Panggang selama 50-55 menit (tergantung oven) hingga matang. Lakukan tes tusuk.
- Biarkan selama 20 menit, kemudian pindahkan ke cooling rack.
- Jika cake sudah dingin, taburi bagian atasnya dengan gula halus. Sajikan.

Seperti ini nih penampilan bawah dari bundt cake dimana dulcenya turun ke bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar