Dulce De Leche


Dulce De Leche itu nama lainnya adalah susu caramel. Susu kental manis yang dipanaskan hingga menjadi caramel. Arti dari dulce de leche sendiri adalah susu permen atau permen susu. Menurut Wikipedia, dulce de leche populer di Amerika Selatan, terutama di Paraguay, Peru, Argentina, Chile, Uruguay, Brazil, Kolombia, Bolivia dan Venezuela. Saya pertama kali kenal dulce de leche ketika Mba Indah Murvida memposting si dulce. Dari pertama kali posting udah niat banget suatu hari mau bikin. Nah.. kebetulan akan ada latbar BKR, jadi sebagai potluck saya bawain dulce de leche. Biar temen-temen BKR juga kenal dulce.

Bikin dulce de leche ga sulit kok. Menurut Wikihow ada tujuh cara dalam membuat dulce de leche. Bisa direbus menggunakan kaleng yang dibolongkan bagian tutupnya, bisa juga dituang ke dalam panci dan dipanaskan dengan api kecil, menggunakan double bouiler, menggunakan microwave, menggunakan oven, menggunakan panci presto, dan menggunakan slow cooker.

Mba Indah Murvida mengajarkan saya untuk membuat dulce de leche dengan cara merebus susu kental manis selama empat jam. Kaleng susu kental manis dalam keadaan tertutup (belum dibuka). Ketika direbus, pastikan air di dalam wadah rebusan tetap merendam seluruh kaleng susu kental manis. Jangan sampai air berada di bawah kaleng karena kaleng bisa meledak. Cara ini hampir sama dengan cara pertama yang diajarkan Wikihow. Bedanya, di wikihow kalengnya dibolongkan, ketika kaleng dibolongkan cipratan air akan masuk ke dalam kaleng yang mengakibatkan bagian atas susu kental manisnya menjadi cair. Kalau kaleng dalam keadaan tertutup, maka seluruh susu kental manis yang ada di dalam kaleng akan mengental.

Saya membuat dulce de leche ini menggunakan caranya Mba Indah dengan merebus kaleng susu dalam keadaan tertutup menggunakan panci presto. Hal ini bisa menyingkat waktu perebusan, dengan menggunakan panci presto, kaleng direbus hanya selama 1,5 jam. Air di dalam rebusan panci presto juga harus menutup seluruh kaleng dan pastikan bahwa ketika perebusan, air tidak akan berkurang di bawah kaleng. Jadi saya menambahkan air hingga hampir penuh panci prestonya.

Yang pasti gunakan susu kental manis berkualitas baik supaya hasil susu karamelnya juga oke. Dulce de leche bisa digunakan sebagai olesan untuk roti, macaron, dimasukan ke dalam adonan brownies, cake, dan kukis. Kata Mba Marisa Tamara, dulce de leche ini mirip dengan rasa permen alpenliebe.

10 komentar:

  1. Mbakkkkkk.. kok dulcenya bisa mengkilat gitu siy. Huhuhu aku bikin kok warnanya suram. Walau rasanya tetep enak siy. Mohon pencerahan.. aku buat di rice cooker kaleng tertutup rendam full sampe 3 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tahu juga kenapa bisa mengkilat mba. Mungkin pengaruh dari susu kental manis yang digunakan kali ya.
      Saya lupa pas bikin dulce yang ini pake skm merek apa.
      Terima kasih sudah berkunjung ya...

      Hapus
  2. Susu Cap Nona kaliiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu kan bukan hanya cap nona mba yu. Banyak sekali merek yang beredar. *spg susu cap nona ya?*

      Hapus
  3. Kalu untuk rasa, katanya sih yang enak susu cap enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Maya sudah eksperimen susu kental manis ya? Ada juga temen yang bilang carnation yang lebih enak mba. Saya masih belum bisa membedakan enaknya susu kental manis yang satu dengan yang lain.

      Hapus
  4. Klo pake rice cooker caranya gmn ya? Mksh mbk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaleng susunya tinggal masukin rice cooker, masukin air, pencet deh tombolnya. Masak hingga 3 jam tergantung selera.

      Hapus
  5. Mba saya buat dengan cara direbus di panci tp koq kaleng skm nya ngeluarin karatan gitu yah? Panci yg saya pakai buat merebus si kaleng pun jadi ikut karat dan gak bisa hilang. Apa mba jg mengalami hal yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ga karatan mba. Saya bikin ga ada karatnya. Saya curiganya dari awal sebenarnya di kaleng susu ada karatnya. Harusnya yang namanya kaleng untuk makanan kan ga boleh karatan ya.

      Hapus