Kue Kering Selai Kacang


Kepengen bikin peanut cookies ini udah lama sekali. Beli selai kacangnya udah dari jaman saya bikin Peanut Butter Cake sampe sekarang sisa selai kacangnya masih ada nongkrong dengan manis di kulkas. Maju mundur terus mau bikin kukis. Alhamdulilah di hari pertama imlek, saya bisa menghabiskan si selai kacang. Oh iya, kalau di Pontianak, kita bilangnya kue skippy lo.

Aslinya kukis selai kacang ini bentuknya bulat-bulat seperti kalau kita bikin nastart. Karena pengen beda, saya bikinnya pake cetakan pie yang kecil sekali. Kalau di Pontianak, cetakan pie yang kecil begini buat dibikinin kue nastart keranjang. Cetakan pie ini juga digunakan untuk pembuatan Kue Florentine Cup - Ny. Liem.

Jadi cetakan pie saya olesi margarin, masukan adonan (saya timbang @10 gram), ratakan bagian atasnya, kemudian saya beri taburan kacang mede sangrai yang saya cincang menggunakan chopper, agak tekan sedikit biar kacangnya menempel, terus dipanggang hingga matang baru dilepaskan cetakannya. Metode seperti ini memang membutuhkan cetakan yang sangat banyak. Ada juga metode kedua yang menggunakan plastik tipis dilapis ke cetakan pie, masukan adonan, angkat plastiknya maka adonan yang sudah dibentuk akan keluar juga, bakar. Kelemahan dari metode ini, ketika dipanggang, kue akan melebar sehingga bentuk antara yang satu dengan yang lain tidak sama. Kelebihan metode ini hanya butuh satu cetakan saja. Ada juga metode ketiga yang hampir sama dengan metode pertama, tetapi cetakan dikeluarkan ketika kukis dalam keadaan setengah matang, kukis itu dipanggang kembali tanpa cetakan, dan cetakan bisa diisi untuk adonan yang berikutnya. Nah jika kepengen dibuat, tinggal Bapak dan Ibu saja yang merasa paling mudah menggunakan metode yang mana.


Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal.

Bahan:
250 gram tepung terigu protein rendah (saya gunakan tepung terigu protein sedang)
100 gram gula bubuk
125 gram selai kacang halus
100 ml minyak goreng
1 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt garam
1 sdt mentega

Olesan:
3 kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair (saya tidak menggunakan olesan, saya ganti dengan 50 gram kacang mede, sangarai, kemudian cincang dengan menggunakan chopper)

Cara Membuat:
- Dalam wadah, aduk rata gula bubuk, selai kacang, garam, susu, minyak goreng, dan mentega hingga rata. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
- Bentuk adonan bulat-bulat, tata dalam loyang, panggang dalam oven hingga setengah matang, angkat. (saya masukan adonan ke dalam cetakan pie mini)
- Poles bagian atasnya dengan bahan olesan. Panggang lagi hinga matang. Angkat dan biarkan dingin. (saya tidak poles dengan bahan olesan tetapi ditaburi kacang cincang)
- Simpan ke dalam stoples kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar