Poffertjes Pandan


Baru kali ini nyobain foto di malam hari. Tadi bikin poffertjes pandan untuk snack malam. Udah beberapa hari ini kepikiran poffertjes. Mau bikin di pagi hari selalu ga keburu. Akhirnya ya dibikinlah malam dan langsung dimakan. Tadi juga iseng buat foto di malam hari. Fotonya sih udah fokus, tapi hati ini masih mengganjal dengan fotonya. Cahayanya terlalu terang. Udah dibantu sama sotosop juga masih ga bisa maksimal (atau saya yang ga mahir make sotosop). Saya ini terlalu sunshine minded, jadinya selalu berpikir bahwa cahaya yang terbaik buat moto adalah cahaya matahari. Atau saya yang kurang ilmu buat foto?

Poffertjes pandan saya jelek ya bentuknya, ga bulat sempurna. Padahal waktu dulu bikin poffertjes, bulatnya oke banget. Kali ini bikinnya ga tenang. Kirana ikut nungguin juga di depan kompor sambil mencoba "membantu".

Resep saya modifikasi dari sajian sedap. Bisa dicek disini untuk melihat resep aslinya. Untuk toppingnya menggunakan susu kental manis dan keju. Kirana sukaa sekali dengan poffetjesnya, sampe teriak-teriak waktu ayahnya nyuilin keju susunya kirana.

Bahan:
250 gram tepung terigu protein sedang
1 1/2 sendok teh ragi instan
60 gram gula tepung
3 kuning telur
375 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok makan margarin, dilelehkan
margarin untuk olesan
pasta pandan secukupnya
keju parut dan susu kental manis secukupnya

Cara Pengolahan :
- Ayak tepung terigu. Tambahkan ragi instan dan gula tepung. Aduk rata. Sisihkan.
- Aduk rata kuning telur dan susu cair. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu. Aduk rata. Diamkan 30 menit.
- Masukkan garam, baking powder, margarin, dan pasta pandan. Aduk rata.
- Panaskan cetakan poffertjes (tanda kalau sudah cetakan panas, ketika adonan dituang ada bunyi cesss. Ketika adonan dituang tidak dalam keadaan panas, maka adonan akan lengket di cetakan. Ketika dituang dalam keadaan panas, maka adonan tidak akan lengket). Oles dengan margarin. Tuang adonan. Diamkan sampai setengah matang.
- Balikan poffertjes. Biarkan matang. Angkat. Oles dengan margarin.
- Sajikan dengan keju parut dan susu kental manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar