Bolu Air


Saya baru kali ini nyobain yang namanya bolu air. Bolu air ini awalnya diposting di grup Dapur Aisyah, kemudian diposting ulang di grup Bakul Kue Rumahan. Bolu air ini bisa dikukus dan bisa juga dibakar.. Bolu yang sangat ekonomis karena tanpa margarin dan cuma satu telur. Cuma ya buat saya rasanya standar, tidak terlalu istimewa. Maklum, yang namanya ekonomis kan ga bisa juga ekspektasi rasanya terlalu tinggi. Rasa bolu air ini mirip dengan rasanya bolu kukus santan.

Saya mencoba membuat versi cokelat. Saya beri tambahan dcc. Teman-teman yang lain bikin bolu airnya mulus. Bolu air buatan saya atasnya kok begitu ya. Seperi ada lapisan di bagian atasnya. Mirip lapisan keju yang meleleh, tapi ini bukan keju lho ya. Aslinya saya mau bikin seperti di sampul buku loaf cake. Basenya coklat terus nanti di tengah dikasi adonan putih kemudian ditimpa lagi dengan adonan coklat. Jadi ada siluet putih di tengah-tengah cake coklat. Gambar yang dibuku loaf cake itu bagus banget. Ketika saya coba aplikasi ke bolu air malah ga bisa, nyampur kemana-mana warnanya. Siluet putihnya nyebar ga karuan. Maklum pemula.


Bahan:
1 telur
200 gr gula pasir
200 ml santan
2 sdt SP
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
250 gr terigu serbaguna
1 sdt BPDA / 2 sdt baking powder
50 gr dark cooking chocolate, lelehkan (aslinya ga pake)

Cara Membuat :
- Kocok telur, gula pasir, santan, sp, vanili dan garam sampai kental dan mengembang
- Masukkan sedikit demi sedikit bahan kering terigu dan baking powder (saya tambahakan dcc leleh). Gunakan speed rendah.
- Tuang ke dalam loyang (saya gunakan loyang 10 x 22 X 6 cm) yg sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu.
- Oven sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar