Hokaido Chiffon Cupcakes


Saya baru sempat posting kue ulang tahunnya Kirana. Ultah Kirana itu jatuh pada tanggal 1 Oktober 2013 kemaren. Kirana sekarang tepat berumur 2 tahun. Kenapa saya baru sempat posting sekarang? Hal ini dikarenakan pada tanggal 1 Oktober itu juga tante saya (adik dari ibu saya) yang bernama Asyiah, atau yang biasa kami panggil Tante Aci meninggal. Jadi Tante Aci ini meninggal di RS Kharitas Bhakti Pontianak, RS yang sama Kirana lahir 2 tahun yang lalu, jam yang hampir sama dengan Kirana lahir, dan sama-sama di lantai 3 pula, bedanya Kirana lahir di kamar operasi, Tante Aci meninggal di ruang ICU. Semua memang akan kembali ke Allah. Semoga Allah menerima amal baik beliau, serta dilapangkan kuburnya. Oleh karena itulah selama beberapa hari ini saya bantu keluarga Almarhumah dan belum sempat posting apapun.

Sebenarnya saya sudah persiapkan kue ultah Kirana jauh hari sebelum dia ultah. Awalnya mau buat barbie doll cake. Udah niat sekali mau buatnya. Tapi karena tanggal 30 september saya pulang dari RS sudah terlalu malam, dan malam itu sudah terlalu lelah dan kondisi saya tidak memungkinkan untuk membuat cakenya, akhirnya saya baru sempat bikin cake pada pagi hari di tanggal 1 oktober. Barbie doll cake juga sudah tidak dimungkinkan untuk dibuat subuh itu. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, saya ganti dengan cake yang sangat sederhana yaitu Hokaido Chiffon Cupcakes. Ini kali kedua saya buat HCC. Yang pertama saya buat HCC waktu untuk LBT, pada waktu itu HCC-nya menciut dengan sukses. Alhamdulilah untuk kali ini, HCC-nya cuantek.


Resep saya contek dari blognya mba hesti resep asli diambil dari forbiden garden

Bahan Chiffon Cake:
3 kuning telor
20 gr gula pasir
35 gr minyak sayur
60 gr susu cair
70 gr terigu protein sedang, diayak
3 putih telor
25 gr gula pasir

Bahan Filling:
Selai Cokelat

Cara Membuat:
- Panaskan oven 170 derajat, siapkan cupliner di dalam loyang.
- Kocok kuning telur dan 20 gram gula pasir sampai pucat, Tambahkan minyak dan susu cair. Aduk rata.
- Masukkan tepung, aduk rata. Sisihkan
- Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga berbusa. Masukkan 25 gram gula pasir sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak.
- Ambil 1/3 bagian adonan putih telor masukkan dalam adonan kuning telor, aduk balik sampai rata. Masukkan adonan ke sisa putih telor, aduk balik sampai rata.
- Tuang ke dalam cup liner setinggi 3/4 cup, lakukan sampai habis. Panggang selama 30 menit.
- Filling: Masukkan selai cokelat dalam piping bag, potong ujungnya, tusuk bagian tengah kue, semprotkan dengan bahan filling sampai meluber keluar. Sajikan dalam keadaan dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar