Pastel Lapis

 
Pastel lapis atau pastel pastry atau juga dikenal dengan nama curry puff. Saya baru mengenal pastel lapis beberapa hari ini. Saya tidak pernah tahu, tidak pernah dengar dan tidak pernah lihat akan keberadaan pastel lapis. Hingga beberapa hari yang lalu mba yuyun dan bu fatmah memposting pastel lapis. Saya takjub sekali dengan wujud pastel lapis. Selama ini saya hanya tahu pastel biasa dan pastel tutup aja. Saya sudah agak lama tahu dengan pastel tutup (hanya sekedar tahu) tapi bikin pastel tutup pun itu pertama kalinya karena ada tugas dari LBT. Kalo ga ada tugas, sampai hari ini pun belum tentu saya pernah mencoba membuatnya. Balik lagi ke cerita pastel lapis. Ketika mereka memposting pastel lapis saya langsung semangat untuk membuatnya, saya sampai minta ayah kirana untuk memprintkan resep itu di kertas biar lebih gampang dan ga ada yang salah ketika membuatnya. Untuk beberapa resep yang benar-benar saya ingin buat memang harus diprint dan ditempel di kaca lemari dapur. Memang sengaja ditempel di dapur supaya sebagai penyemangat diri saya untuk segera membuatnya. Akhirnya tadi pagi saya berhasil mengeksekusinya.

Rasanya ya tetep enak dan juga ada rasa kari. Kulit pastelnya garing mirip pastry, tapi kelemahannya adalah gampang hancur (atau cuma saya kah yang kulitnya gampang hancur?). Terus ketika dimakan memang ada kerasa berminyak di dalam kulitnya. Tapi tetep enak kok untuk dicoba. (kalo di pontianak, kita bilang pastel itu kroket lo, kroket yang asli malah ga ada yang jual, jadi kalo beli di warung-warung bilangnya ya beli kroket dan didapatlah si pastel, ada yang isi kentang, bengkuang, ubi, atau bihun). 
 
Menurut penelusuran saya ternyata yang memperkenalkan pastel lapis ini adalah ny liem di buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminat. Silakan klik disini untuk melihat resep dari ny liem dan tutorial membuat si kulit pastry.


Resep saya ambil dari Mba Yuyun

Adonan Isi
Bahan Isi :
2 siung bawang putih
5 buah bawang merah
500 gram kentang kukus, haluskan
300 gram daging giling
2 sdm bumbu kari
2 sdm cabe bubuk
Gula secukupnya
Garam secukupnya
2 batang seledri, iris halus

Cara membuat isian:
- Tumis bawang hingga harum, masukkan daging tambahkan sedikit air, masak hingga berubah warna.
- Masukkan gula dan, garam bumbu kari dan cabe bubuk aduk rata.
- Masukkan kentang aduk hingga tercampur rata. Terakhir masukkan seledri aduk kembali hingga tercampur rata.
- Angkat. Dinginkan 
 
Adonan kulit:
 
Bahan A :
350 gram terigu all pupose
50 ml minyak sayur
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
150 – 200 ml air
 
Bahan B :
150 gram terigu all purpose
75 ml minyak sayur/butter

Cara membuat kulit pastel :
- Bahan A campur semua bahan hingga rata uleni hingga kalis. Hentikan pemakaian air jika adonan dirasa sudah cukup kalis.
- Bahan B campur semua bahan, uleni hingga kalis. Adonan akan sedikit berminyak. Sisihkan
- Bagi masing-masing adonan menjadi empat bagian. Pipihkan adonan bahan A, isi dengan adonan B tutup dan rapatkan. Lakukan pada semua adonan.
- Ambil 1 adonan yang sudah dibulatkan. Giling dengan rolling pin / gilingan kayu lalu lipat, giling, lakukan proses yang sama hingga 3 kali (seperti melipat adonan pastry). Giling lagi lalu gulung. Lakukan hingga semua adonan tergiling. Potong setebal 1,5 cm atau sesuai keinginan.
 
Penyelesaian:
- Giling satu persatu adonan yang sudah dipotong, beri adonan isi. Lipat setengah lingkaran, pilin dari ujung hingga ujung hingga membentuk pastel.
- Goreng pastel dengan minyak goreng hingga berwarna kuning keemasan, gunakan panas api sedang agar tidak gosong.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar