Cheese Scones


Gara-gara kemaren pagi ngeliatin acara makan besar di trans 7, saya jadi keingat bahwa saya udah lama kepengen bikin scones juga. Kenal scones sih udah beberapa bulan yang lalu terus lama-kelamaan lupa dengan si scones. Nah.. gara-gara acara makan besar, saya jadi ingat lagi dengannya.

Scones sangat terkenal di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia. Scones bisa ditambahi apa aja. Bisa kismis, keju, karamel, buah kering, susu, kopi, kentang, kacang-kacangan, bawang, daging, labu, kurma, dll. Scones itu mirip seperti roti tapi tidak menggunakan ragi dan tidak mengembang seperti roti. Aslinya scone dibuat bulat sebesar piring kemudian dipotong-potong (bayangan saya seperti pizza yang bulat dan dipotong-potong). Tapi sekarang, scone sudah dibuat dengan ukuran yang lebih mungil untuk satu gigitan.

Pilihan saya jatuh kepada cheese scone karena di rumah saya doyan dengan keju-kejuan. Buatnya sangat gampang karena tidak butuh mixer dan juga waktu pengerjaan yang cepat. Rasanya mirip seperti kastengel tapi versi chewy, tidak garing seperti kue kering, tapi bagian atasnya garing (ketika kondisi hangat), ketika dalam keadaan dingin ketika digigit serasa ada rongga di bagian dalam scones. Kirana doyan banget dengan cheese scones. Saya bikin cheese scones ini tadi malam, satu resep dapat 3 loyang (sekitar 75 buah). Ketika udah selesai dipanggang, dalam keadaan hangat udah ludes 2 loyang. Jadi ketika nunggu loyang yang lain di dalam oven, kami makan scones yang baru selesai dipanggang.


Resep saya modifikasi dari Sajian Sedap

Bahan:
225 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
50 gram mentega tawar dingin, potong-potong
100 gram keju cheddar, parut kasar
1 butir telur, kocok rata
100 ml susu cair

Cara Membuat :
- Campur tepung terigu, baking powder, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan potongan mentega tawar dingin. Aduk sampai berbutir kasar.
- Tambahkan keju cheddar parut, aduk rata.
- Masukkan telur. Aduk rata. Tuang susu cair sedikit-sedikit susu sambil diaduk asal bergumpal.
- Pipihkan di loyang yang dioles margarin. Bentuk bulat dan pipihkan.
- Oven 20 menit dengan suhu 200 derajat Celsius sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar