Kue lapis legit



Seperti inilah resep lapis legit dari Pontianak yang terkenal itu. Resep warisan. Lapisnya lembut banget dan rasanya sangat legit. Bagi yang pernah ke Pontianak, salah satu oleh oleh khas Pontianak adalah lapis legitnya.

Bahan:
30 buah kuning telur --> ingat ya, jangan sampai ada putih telur yang masuk walaupun dikit.
350 gram mentega
100 gram susu bubuk
350 gram gula bubuk

Cara membuat
1. Kocok mentega hingga putih.
2. Kocok kuning telur beserta gula hingga kembang. --> ingat ya, setelah mengkocok mentega, cuci mixer hingga bersih dan keringkan atau gunakan 2 mixer. Kalo bekas kocok mentega ga dicuci langsung kocok ke telur maka adonan telur dan gula dipastikan ga mau kembang aka bantet.
3. Masukan mentega yang sudah dikocok ke dalam adonan kuning telur dan gula yang sudah kembang, kocok dengan kecepatan rendah sebentar saja hingga tercampur rata.
4. Masukan susu bubuk ke dalam adonan, aduk menggunakan spatula.
5. Mulai proses pelapisan, masukan 1 sendok sayur adonan ke dalam Loyang 20 X 20 X 8, ratakan permukaan lapis dengan penekan lapis, biarkan hingga kecoklatan. Tuang lagi 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang, ratakan permukaan dengan penekan lapis. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
6. Jika menggunakan oven listrik, kue lapis ini akan selesai proses pelapisannnya antara 60 – 80 menit, tergantung jenis oven yang digunakan. Kalau pake oven gas juga hampir sama waktu pengerjaannya. Kalau pake oven arang, bisa 4-5 jam baru selesai, tapi wanginya beda kalau pakai oven arang dengan oven lainnya. Lapis legit dengan menggunakan oven arang akan sangat wangi.

10 komentar:

  1. salam kenal mba rika,
    mau tanya nih, mba rika skg domisili di pontianak ato jkt ? sy mau ikut kursus lapis legit pontianak, bisa kah mba rika rekomendasikan dimana kursus lapis legit pontianak ini di pontianak ato jkt ? tks.
    bisa email sy di nelly.sonya@gmail.com
    tks byk atas responnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba sonya baru dibalas komentnya. saya ga tahu ada koment ini.

      saya domisili di pontianak mba. kalo di pontianak, bikin lapis legitnya ga perlu pake kursus mba. hampir tiap wanita di pontianak bisa bikin lapis legit yang seperti ini. ga susah kok caranya.
      mba sonya mau datang ke pontianak kah? nanti kita coba latihan bareng bikin kue lapis.

      kalo di jakarta, saya ga tahu dimana ada kursus lapis legit. di kursusnya ny.liem kayaknya ada. tapi lapis legit modifikasi.

      Hapus
    2. Selamat pagi mba, saya mau tanya bagaimana agar bagian atas kue lapis tidak bergelumbung? Apakah adanobat atau teknik khusus ? Terima kasih

      Hapus
    3. Bikin makanan ga boleh pakai obat mba. Bahaya..
      Supaya ga gelembung, setiap lapisan ditekan dengan penekan lapis atau pakai bagian bawah gelas yang rata juga bisa.

      Hapus
  2. Mbak , klo oven pake arang tu kaya gimana ya ? Saya penasaran juga , otomatis pemanggangan jdi lama ya . Tpi klo dipake manggang kue kering bagus gak ya? Kan secara kalo kuker manggangnya jgn terlama . Suka keras gtu kan hasilnya. Sharing dong info soal oven arang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oven arang itu mirip kayak klakat mba. Bentuknya kotak gitu. Di atasnya ada tempat nyimpen arang. Kalo oven arang yang modern seperti ovennya hock yang di atasnya ada tempat arangnya juga.
      Untuk bikin kuker? tentu saja ga bisa karena pake api atas. Kalau dibikin kuker bisa-bisa bagian atas kukernya udah item terus bagian bawahnya masih mentah.
      Kalau memanggang kuker saya biasanya gunakan suhu rendah. Lama engganya memanggang kuker ga mempengaruhi tekstur kukernya. Yang penting kue matang. Ada tekstur kuker yang renyah, chewy, ato keras. Tergantung resepnya aja.
      Kalau memanggang kelamaan bakalan keras itu biasanya untuk roti mba.

      Hapus
    2. kalo pake arang memakai arang kayu apa ya mbak biar wangi

      Hapus
    3. Saya pake arang bricket yang sudah siap pakai mba. Saya kurang tahu dari kayu apa.

      Hapus
  3. mba rika mau dong di ajarin buat kue lapisnya..sy domisili dan asli pontianak tp msh belum bisa buat kue lapis..kalo bisa kursus dengan mba rika..dmana sy bisa hubungi..soalnya buatan sy tdk sebagus mba rika..pengen buat sendiri lebaran nanti..trimakasih mba rika sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Novita. saya bikin lapis kalau pas mau lebaran mba. Mau latbar bareng? Boleh..
      Ayo sering-sering latihan bikin lapis, pasti bisa rapi. Pede aja dengan kemampuan Mba Novita.
      No conctact saya ada di atas, silakan cek ya.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus