Sugee Cookies


Kali ini bikin cookies untuk uji coba tepung semolina. Tepung semolina itu adalah tepung yang terbuat dari salah satu varietas gandum yang bisa digunakan untuk membuat pasta, sereal untuk sarapan, puding, dan kukis. Semolina berasal dari bahasa Italia semola, yang berarti dedak. Semolina juga berasal dari bahasa Latin kuno simila, yang berarti tepung. Sedangkan Yunani menyebutnya semidalis. (wikipedia)

Tepung semolina ini dikasi oleh Tante Irma Puspita Dewi yang baik hati. Seneng deh dapet tepung semolina. Soalnya di Pontianak, ga ada di jual. Tante Irma bilang, beliau beli tepung semolina ini di Kemchick. Tepung semolina merupakan barang impor. Menurut label kemasan, tepung semolina yang saya gunakan itu dibuat di Singapura untuk dijual kembali ke Australia. Setelah nyampe di Australia, dibawa lagi ke Indonesia.

Uji coba pertama dibikin kukis dulu. Coba googling semolina cookies, dapetnya Sugee Cookies (dibaca suji kukis) dari Basic Bakes. Sugee cookies ini aslinya menggunakan ghee. Ghee itu kalau dalam bahasa Indonesianya adalah minyak samin. Memang ga lazim buat saya bikin kukis menggunakan minyak samin. Jadi saya menggunakan BOS (Butter Oil Subsitute) sebagai pengganti ghee. Ternyata tekstur tepung semolina itu berbulir dan berpasir, mirip dengan tepung ketan hitam.

Dikarenakan saya tidak menggunakan minyak samin, jadi tekstur cookiesnya bisa dipulung. Harusnya tekstur sugee cookies ini sangat lembut dan termasuk tipe drop cookies, jadi adonan diambil menggunakan scoop ice cream, baru dipindahkan ke loyang. Harusnya bagian atas kukisnya juga retak, tapi kukis yang saya buat tidak retak. Karena saya menggunakan resep ini utuh, maka menurut saya kukisnya terlalu manis. Kalau ingin mencobanya, saran saya kurangi jumlah gula halus yang digunakan.

Bahan:
200 gram ghee / minyak samin (saya gunakan butter oil subsitute)
150 gram gula halus
1/2 sdt garam
150 gram tepung semolina
200 gram tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking soda

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan suhu 175 C, alasi loyang dengan kertas roti (saya langsung di loyang).
- Di dalam wadah, campur semua bahan, aduk rata dengan spatula hingga tercampur rata.
- Ambil adonan menggunakan sendok teh / sendok es krim, taruh di loyang, beri jarak antara adonan yang satu dengan yang lain.
- Panggang hingga matang dan bagian atasnya retak (saya ga retak).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar