Bolu Beras Habang


Kali ini nyobain bolu beras habang. Ini adalah kue tradisional Indonesia, tapi saya sendiri kurang tahu dari daerah mana. Di buku juga tidak dijelaskan dari mana. Cari di google juga tidak banyak cerita mengenai bolu beras habang.

Sepertinya saya pernah makan kue ini sebelumnya. Entah dimana dan kapan. Rasanya tekstur kue ini tidak asing di lidah saya, padahal saya baru kali ini bikin bolu beras habang. Tekstur kue habang ini agak seret ketika dimakan. Mirip cake, tapi teksturnya lebih keras dari cake.

Resep saya ambil dari Bukunya Doddy Pamudji - Cake Tradisional Indonesia. Satu resep bisa dapet 4 buah loyang tulban mini diameter 12 cm.

Bahan:
150 gram gula jawa, iris halus
5 butir telur
250 gram tepung beras, sangrai hingga kuning

Cara membuatnya:
- Kocok gula bersama telur sampai kental dan naik. Masukkan tepung kedalamnya sambil diaduk perlahan-lahan.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang sampai matang dan berwarna kecoklat-coklatan.

Catatan:
Oven jangan lupa dipanaskan terlebih dahulu ya sebelum cake masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar