Ayam Goreng Ungkep


Mungkin sudah banyak ya yang tahu cara mengungkep ayam. Saya juga biasa ungkep ayam pakai bumbu dengan ilmu kira-kira. Kali ini saya coba bagi resep ungkep ayam. Siapa tahu aja ada ibu-ibu baru yang baru mau belajar masak. Memang sih sekarang sudah banyak bumbu instant siap pakai untuk ayam goreng ungkep yang tersedia di pasar. Tapi buat saya, masih lebih afdol rasanya jika saya membumbui sendiri ayam yang akan saya ungkep.

Kalau di rumah saya, jika ingin membuat ayam bakar, ayam goreng tepung, dan ayam balado, ayamnya tetep harus diungkep terlebih dahulu. Hal ini supaya tekstur ayam lebih lembut dan ayam sudah dalam keadaan matang ketika diproses selanjutnya.

Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal.

Bahan :
1 ekor ayam, potong 8 bagian
Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu, haluskan :
5 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit (saya gunakan kunyit bubuk sekira-kira aja)
1 sdm ketumbar
1 ruas lengkuas
1 ruas jari jahe
3 butir kemiri
1 sdt garam (boleh ditambah lagi sesuai dengan selera)

Cara Membuat :
- Baluri ayam dengan bumbu halus, masak dalam panci atau wajan tertutup sampai ayam keluar air dan matang. Angkat. (saya biasanya ditambah satu gelas air lagi ketika mau diungkep)
- Goreng dalam minyak banyak bersama bumbunya hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Tips:
Bila suka bisa ditambahkan lengkuas parut dalam jumlah banyak, sehingga didapat bumbu kremes seperti serundeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar