Nugget Pisang

 
Untuk memberdayakan panen pisang, kemaren saya sudah bikin Banana Chocolate Chip Cookies dan masih banyak sisa pisang yang menggangur di rumah. Teringat dengan postingan Mba Nina Agustina tentang Nugget Pisang, saya akhirnya cobain juga untuk membuatnya.

Nugget pisang saya buat di malam hari kemudian saya susun rapi di wadah tertutup, antara lapisan pertama dan kedua saya beri plastik supaya mudah untuk melepaskannya, kemudian dimasukan freezer. Keesokan paginya baru saya goreng. Nugget pisang ini termasuk salah satu variasi olahan pisang yang sangat layak untuk dicoba.

Resep saya contek dari Mba Citra Dewi

Bahan:
200 gram pisang yang sudah dikupas, haluskan (saya gunakan 400 gram, kurleb 8 buah pisang kepok yang sudah sangat matang)
25 gram susu bubuk (bisa di-skip)
50 gram gula pasir, kalau kurang manis bisa ditambah (saya gunakan 100 gram)
125 gram tepung terigu
25 gram breadcrumbs / tepung panir
1 butir telur
sejumput garam

Bahan pelapis:
Breadcrumbs / tepung panir, secukupnya

Cara Membuat :
- Campur semua bahan jadi satu. Aduk dan uleni hingga tercampur rata. Adonan sifatnya lembek.
- Ambil sesendok adonan, gulingkan di tepung roti hingga terlapisi merata. Kemudian pipihkan dan rapikan bentuk/bulatannya.
- Panaskan minyak di wajan. Goreng nugget dengan api kecil hingga matang keemasan kedua sisinya.

Catatan:
Supaya adonan tidak lembek, sebelum dipanir, bisa juga dimasukkan kulkas dulu selama 15-30 menit supaya lebih mengeras. Baru kemudian adonan dilapisi panir. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar