Churros


Menurut wikipedia, churros ini adalah sejenis pastry kering yang masuk dalam golongan snack. Churros populer di Spanyol, Perancis, Philiphina, Portugal, Amerika Latin (termasuk Brazil dan pulau-pulau Karibia yang berbahasa Spanyol), dan Amerika Serikat.

Churros itu aslinya menggunakan topping gula halus atau coklat cair yang dicelupkan ke dalam churros. Churros yang saya bikin tidak saya beri topping apapun. Jadi churrosnya saya makan begitu aja. Churos paling enak dimakan ketika hangat karena akan garing, kalau sudah dingin, churros akan bertekstur agak alot.
 

Resep saya gunakan dari moomies daily.

Bahan:
75 gr mentega
250 ml air
1/4 sdt garam (saya gunakan 1 sdt garam)
140 gr tepung, diayak
3 telur, dikocok
1 lt minyak, untuk menggoreng

Cara membuat:
- Panaskan mentega dan air di dalam wajan yang tidak lengket, sampai mendidih. Masukkan garam dan tepung. Aduk merata sampai semua tercampur menjadi satu adonan. Matikan api. Masukkan telur dan terus diaduk sampai adonan tercampur rata lagi dan menjadi adonan yang halus dan kental. Masukkan ke dalam piping bag dengan menggunakan ujung yang berbentuk bintang.
- Panaskan minyak di wajan besar sampai mencapai minimal 170 derajat Celcius.
- Perlahan keluarkan adonan dengan piping bag sepanjang 10-15 cm ke dalam minyak panas. Goreng selama 1-2 menit setiap sisinya.
- Angkat dan tiriskan

Catatan:
- Churros akan cantik apabila kita menggorengnya menggunakan teflon. Karena adonan churros akan bisa disemprotkan dan langsung jatuh ke dasar teflon. Dengan begitu, churros tidak akan berubah bentuk dan tetap lurus bentuknya.
- Piping bagnya mesti dobel ya. Satu piping bag untuk adonan, potong ujungnya. Satu piping bag lagi untuk spuit bintang, potong ujungnya, masukan spuit. Kemudian piping bag yang isinya adonan dimasukan ke dalam piping bag yang berisi spuit.
- Ada juga yang menggunakan metode dikulkasin. Jadi churrosnya dispuitkan ke dalam loyang. Kemudian loyangnya dimasukan ke dalam kulkas. Setelah beberapa saat ketika churros agak beku, baru dikeluarkan dan digoreng. Saya belum pernah coba metode ini, agak ribet kayaknya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar