Banana Chocolate Chip Cookies


Ini ceritanya masih dalam rangka memberdayakan hasil panen pisang, jadinya pisangnya dicoba untuk dibuat kukis. Saya belum pernah cobain kukis yang dibuat dari pisang dan sudah lama sekali kepengen bikinnya. Akhirnya saya cobain juga.

Resep saya gunakan dari Tante Martha Stewart. Di resepnya menggunakan satu buah pisang, dan saya dengan sotoynya menambahkan dua pisang ke dalam adonan. Kemudian saya mengurangi takaran gula, dan setelah gula dikurangi kukisnya pun masih terasa cukup manis, apalagi jika menggunakan takaran resep asli. Tekstur kuenya chewy, bukan garing seperti kukis kebanyakan.


Bahan:
1 1/4 cup terigu serba guna (140 gram)
1/2 sdt baking soda
1 sdt garam
8 sdm mentega tawar (115 gram)
6 sdm gula pasir (100 gram tapi saya cuma menggunakan 50 gram saja)
6 sdm gula palem (100 gram)
1 butir telur
1 sdt vanili
1 buah pisang matang, haluskan (saya menggunakan 2 buah pisang)
3/4 cup chocolate chip (saya ukur pake cup)

Cara Membuat:
- Panaskan oven sampai 375 derajat Fahrenheit. Olesi loyang dengan mentega / margarin.
- Aduk rata tepung, baking soda, dan garam, sisihkan.
- Dalam mangkuk besar, kocok mentega, gula, telur, dan vanili dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata saja. Masukkan campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan pisang dan chocolate chip, aduk sampai rata.
- Ambil setengah sendok makan adonan. Sendokan adonan ke loyang. Gunakan 2 sendok makan untuk membulatkannya agar hasilnya lebih rapi. Beri jarak yang cukup lebar antar adonannya. Panggang selama 10-12 menit, sampai berwarna cokelat keemasan.

Catatan: Ketika sudah matang, adonan akan cukup menempel ke dasar loyang, jadi jangan pernah menggunakan kertas roti untuk mengalasi loyang. Gunakan sendok kue (sutil) yang tipis untuk melepaskan kukis yang sudah matang dari loyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar