Banana Claufotis


Saya pertama kali kenal dengan Claufotis ketika The Rosdaniar Win cerita mengenai claufotis. Karena baru kali itu dengar, akhirnya coba-coba browsing mengenai claufotis. Aslinya claufotis itu menggunakan dark chery. Tetapi claufotis bisa juga dimixkan dengan buah apapun. Mau pisang, apple, peach, pear, strawberry, kiwi, apapun bisa!

Karena masih edisi panen pisang, saya cobain bikin banana claufotis. Claufotis ini saya bawa ke kampus. Jadi untuk kampus saya menggunakan pinggan tahan panas yang ukuran 2,6 liter. Nah.. saya sisihkan sedikit untuk saya cicipi semangkuk kecil ini.

Karena saya belum pernah mencicipi claufotis sebelumnya, jadi saya tidak mempunyai perbandingan rasa. Claufotis yang saya bikin ini rasanya mirip dengan vlanya tart susu, tetapi ada potongan buahnya. Yang di mangkuk kecil ini pun sepertinya ketipisan ya. Kalau yang di pinggan besar sih claufotisnya tebal.

Resep saya contek dari Teh Rosdaniar Win.

Bahan:
6 buah pisang (300 gram)
100 gram tepung terigu serbaguna
2 butir telur
75 gram gula pasir
250 ml susu cair full cream
3 sdm whipcream / krim kental(saya gunakan sedikit whipcream bubuk + sedikit air)
50 gram mentega, dicairkan

Cara membuat
- Panaskan oven suhu 170 derajat.
- Siapkan pinggan tahan panas, potong buah pisang dengan ketebalan sedang, susun ke dalam pinggan tahan panas.
- Siapkan mangkuk adonan, ayak tepung terigu kedalamnya, masukkan telur aduk rata dengan balon whisk sampai adonan halus.
- Tuang susu, whipcream, gula, aduk rata, masukkan mentega cair, aduk rata kembali.
- Tuang adonan kedalam pinggan yg berisi peach dan pisang sedikit demi sedikit
- Bakar dalam oven hingga matang selama 30-40 menit. Lakukan tes tusuk, jika tusukan sudah bersih tidak ada adonan yg menempel tandanya matang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar