Sayur Keladi


Akhirnya ini adalah postingan kedua saya setelah lebaran. Menciptakan mood buat memotret makanan ternyata tidak mudah ya. Kemaren-kemaren lagi males motret dan males baking, seringnya cooking dan langsung dimakan, ga pake sesi pemotretan. Makanya sekarang mencoba memotret sayur. Walau buat saya memotret makanan berkuah tidaklah mudah (belum ngerti tekniknya maksudnya).

Tadi pagi saya membuat sayur keladi. Kami di pontianak sangat mengenal sayur keladi. Keladi itu nama lainnya adalah talas. Sudah lama saya tidak membuat sayur keladi. Gara-gara Mba Melly Octaviana memposting.sayur batang keladinya beberapa hari yang lalu jadinya saya juga kepengen makan si sayur keladi. Sebenarnya resep sayur keladi yang biasa saya buat hampir sama dengan resep yang mba melly buat. Bedanya kalo mba melly pake asam gelungur, saya pake asam jawa. Mba melly pake ikan teri, saya pake udang ebi kering.
 

Bahan:
5-6 batang keladi + umbi
2 keping asam, beri sedikit air, saring, ambil airnya
2 lembar daun kunyit, disimpul
garam secukupnya
air secukupnya

Bumbu Halus
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
20 buah cabe merah keriting
1 sdm terasi bakar
2 genggam udang ebi kering, rendam hingga mengembang.
1 batang serai
1 ruas jahe
1 ruas kunyit

Cara Membuat:
- Batang keladi dibuang kulitnya, dipotong sepanjang jari, umbinya dibersihkan. Rebus dalam air mendidih hingga empuk, tiriskan.
- Tumis minyak dan bumbu halus hingga wangi, masukan keladi yang sudah direbus, tuang sedikit air, masukan garam, air asam jawa, dan daun kunyit, aduk rata. Biarkan masak hingga bumbu lebih meresap.

2 komentar:

  1. memang enak sayur keladi ya mbak.....kalau di keluarga saya, kadang ditambahkan daun buas buas dan kepala ikan asin toman. bumbunya dibuat seperti bumbu asam pedas ikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sedap... Terima kasih sudah mampir ya Mba Ermina.

      Hapus