Bangket Jahe Kayu Manis


Kue ini saya buat beberapa hari yang lalu tapi baru hari ini bisa saya posting. Bikinnya pun karena pesanan tante dan bukan untuk saya. Awalnya saya kira kue bangket itu kue asli indonesia. Ternyata dari mba wati, saya baru tahu ternyata kue bangket juga ada masuk ke dalam buku Classic Peranakan Cooking (buku terbitan Singapura). Buku ini ada dijual di amazon, tapi sepertinya belum ada dijual di Indonesia. Kue bangket juga dikenal di masyarakat rumpun melayu seperti malaysia, brunai, maupun singapura. Di pontianak yang bermayoritas melayu sendiri ga terlalu kenal kue bangket (atau saya aja yang ga kenal), soalnya saya jarang menemukan kue bangket dihidangkan pada saat lebaran.

Resep diambil dari Kue Jahe Manis - Majalah Sedap tahun 2001

Bahan:
175 ml santan (saya gunakan santan instant)
100 gr gula merah (saya pakai 50 gr)
50 gr jahe, diparut
1 batang kayu manis
100 gr margarine
100 gr gula halus
1 kuning telur
500 gr kanji, sangrai 15 menit di atas api kecil
1 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat:
- Siapkan dan timbang bahan. Sangrai tepung sagu, kurleb 15 menit di atas api kecil.
- Rebus gula merah, perasan jahe, batang kayu manis dan santan. Saring dan dinginkan.
- Kocok margarine dan kuning telur hingga lembut.
- Masukkan campuran tepung sagu dan bubuk kayu manis sedikit demi sedikit, aduk rata.
- Tambahkan rebusan gula sedikit demi sedikit. Aduk rata.
- Tipiskan adonan lalu cetak sesuai selera
- Panggang hingga matang.
- Biarkan agak dingin terlebih dahulu, lalu pindahkan ke toples.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar