Ikan Asam Padeh


Hai hai... ngeblog lagi setelah sekian lama 'menghilang'. Belum lama juga sih. Kemana aja Rika? Ga kemana-mana juga. Huhuhu. Di toko lagi banyak barang-barang datang. Jadi tiap hari sibuk aja kemasin barang. Kan puasa ga lama lagi. Jadi cetakan-cetakan juga sudah mulai berdatangan. Karena itulah masak pun seadanya. Bikin kue? Ga sempat kaka. Jadi hampir tiap malam beli martabak manis. Untung masih belum bosan makan martabak. Mudah-mudahan untuk ke depannya saya bisa lebih rajin posting ya.

Karena kangen ngeblog, jadi ini postingan sederhana tentang ikan asam pedas ala padang. Di padang bilangnya ikan asam padeh. Tumben bikin asam pedas? Karena pas ada dapet telur ikan. Kalau di saya, telur ikan itu paling oke dimasak seperti ini. Bakal terasa nikmatnya.

Ikan asam pedas itu bisa pakai ikan apa saja. Pas saya ada kakap jadi saya gunakan ikan kakap. Kalau ada tongkol, patin, atau bahkan ikan kembung pun hayuk aja.

Yang wajib dalam asam pedas itu adalah daun kunyit dan daun jeruk. Daun kunyit bisa diremas dulu baru disimpul biar ga berhamburan kemana-mana. Kalau saya, daun kunyitnya saya potong-potong. Untuk daun jeruk, sebenarnya daun jeruk purut itu akan lebih harum jika daunnya disobek dari batangnya. Ga percaya? Cobain aja.

Resep saya ambil dari bukunya Zulkaryani Lala Komala - Balado.

Bahan:
1 ekor ikan tongkol / tenggiri, cuci bersih, potong-potong (saya pakai ikan kakap beserta telur ikannya kurleb 750 gram)
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
600 ml air
4 lembar daun jeruk purut (saya sobek)
1 lembar daun kunyit (saya potong-potong)
1 batang serai, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 mata asam kandis

Bumbu Halus:
500 gram cabai merah keriting (saya gunakan 250 gram saja, supaya tidak pedas, semua biji saya buang)
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jahe
Garam secukupnya

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama 10 menit hingga meresap.
- Campur air dengan bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit, serai, lengkuas, dan asam kandis menjadi satu. Masak hingga mendidih.
- Masukkan ikan, masak dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

3 komentar:

  1. Asam pedas ini makanan paling sering umi masak. Kalau makan ini serasa pulang. Biasanya kami pakai ikan tenggiri, gerut...sedap masyaAllah.

    BalasHapus