Karmanaci


Pernah mendengar masakan bernama karmanaci? Karmanaci berasal dari Nusa Tenggara Timur. Jika dilihat sepintas mirip semur ya? Yup memang kembaran semur si karmanaci ini. Terus bedanya apa? Karmanaci ini bumbunya lebih variatif daripada semur. Salah satunya, karmanaci ini menggunakan adas manis. Kalau dari segi rasa dan aroma ya semur.

Bahagianya saya menjelajahi masakan-masakan Nusantara. Indonesia itu memang sangat menakjubkan. Karena Indonesia itu luas dan terdiri dari beragam suku dan budaya sehingga kuliner baik itu masakan atau kue-kue sangat bervariasi. Beda tempat bisa beda nama walau proses pembuatannya hampir sama. Ya termasuk karmanaci ini.

Buat yang suka memasak praktis, bisa mencoba karmanaci ini. Semua bumbu tinggal dimasukkan terus nyante-nyante deh sambil tunggu daging empuk. Pengalaman saya masak karmanaci ini, mengempukkan daging agak lama. Jadi selalu cek dan tambahkan air seperlunya ya.

Karmanaci ini harusnya menggunakan daging yang diiris tipis-tipis biar cepat empuk. Nah, saya itu pakai daging yang ada aja di freezer. Saya masih ada stok daging yang sudah saya potong. Rencana awal mau bikin rendang tapi belum kesampaian bikin rendang, males melanda. Jadi dagingnya saya ganti haluan jadi karmanaci ini.

Resep saya ambil dari bukunya Saji - Mudah Memasak Kuliner Nusantara

Bahan
500 gram daging sapi has
3 sdm kecap manis
1 sdt asam jawa dan 1 sdm air, larutkan
1 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
2 cm jahe, memarkan
500 ml air
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm lengkuas
2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt adas manis sangrai
1/2 sdt merica bubuk

Cara Memasak:
- Potong-potong daging has.
- Campur daging has, bumbu halus, kecap manis. Aduk rata.
- Tuang air asam, garam, gula pasir, jahe, dan air. Masak sampai matang dan meresap.
- Tambahkan minyak goreng. Aduk rata. Sajikan.

2 komentar:

  1. hmm..nyam..nyam...pake nasi anget ya mbk Rika :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Citra. Bisa makan 2 piring ini.

      Hapus