Rice Bake

 
Masih edisi coba-coba resepnya buku Hamlyn. Kali ini pilihan jatuh ke rice bake. Nasi panggang ala-ala orang Inggris. Bukan nasi panggang ala-ala orang Indonesia. Rice bake ini menggunakan banyak keju, saus putih, telur, daging. Porsi nasinya ya ga banyak.

Awal-awalnya agak kaget dengan rasanya karena baru kali ini saya cobain. Berasa makan lasagna tapi pakai nasi, bukan pasta. Kalau tipikal orang Indonesia kan nasinya banyak, lauknya sedikit. Nah, kalau rice bake ini, nasinya seuprit, yang lain-lainnya bejibun. Memang bukan tipikal masakan Indonesia sih ya. Jika ingin memakan nasi gaya lain, rice bake ini boleh dicoba.


Resep didapat dari buku Hamlyn New All Colour Cookbook. Resep di bawah ini untuk 1 resep, saya cuma gunakan 1/2 resep bisa dapat 1 pinggan besar seperti di gambar.

Bahan:
100 gram beras long grain
300 ml air
Garam dan lada secukupnya

225 gram daging ham yang sudah dimasak, potong dadu (saya gunakan sosis sapi, iris tipis)
4 butir telur rebus, kupas kulitnya, cincang
225 gram keju cheddar, potong dadu
Daun parsley secukupnya, cincang (saya ganti dengan italian herb kering)

Saus Putih:
50 gram mentega atau margarin
50 gram tepung terigu serbaguna
600 ml susu cair
Garam dan merica

Cara Membuat:
- Taruh air ke dalam beras, masak sesuai petunjuk memasak nasi. (saya masak nasi pakai magic com, untuk 1/2 resep saya gunakan 150 gram nasi putih tanpa tambahan garam dan lada)
- Aduk daging ham, telur, keju, dan parsley. Sisakan sedikit parsley untuk garnish. Sisihkan
- Untuk saus putih, cairkan mentega atau margarin dengan api kecil. Tambahkan tepung, masak selama 2 menit sambil terus diaduk. Tambahkan susu cair, aduk sampai saus mengental. Hilangkan uap panas, dan diamkan selama 2 menit. Tambahkan garam dan merica.
- Masukkan sebagian saus putih ke dalam mangkuk saji, tutupi dengan setengah bagian dari campuran daging ham dan keju, kemudian tutupi dengan nasi. Lanjutkan dengan menambahkan campuran daging ham dan keju, kemudian ditutup dengan saus putih.
- Panggang di oven selama 30 menit hingga berwarna kecoklatan. Beri taburan parsley di atasnya. Sajikan hangat. (saya lupa kasi garnish, jadinya cuma polos gitu aja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar