Glazed American Donut


Kali ini tangan Ayahnya Kirana nampang di foto saya. Horeee.... Sebelumnya belum pernah kan? Hasilnya memang kurang fotogenik tangan si Ayah. Apa boleh buat, tadi pagi anak gadisnya masih tidur, jadi hand model beralih ke Ayah, si emak ga ada pilihan lain.

Tadi subuh coba-coba bikin donat. Saya cobain bikin yang di-glaze. Di toko roti terkenal kan ada tuh donat yang dijual cuma dilapis gula cair yang membeku. Nah ini ala-ala toko roti itu. Entah kenapa glazenya saya kurang cantik, ga bisa terlalu kering seperti di tukang roti. Kering sih, tapi kok ya lama keringnya. Beda merek gula bubuknya kah? Saya pakai gula bubuk lokal. Bisa jadi salah satu penyebabnya dari gula bubuk.

Eh iya, itu fotonya ga beneran ya, kalau nge-glaze itu ga dituang gitu cairan gulanya, tapi donatnya dimasukin ke dalam pan, aduk-aduk sampai semua bagian donat tercampur rata baru deh ditiriskan. Pas nyoba moto donat di dalam pan kok ga ada yang cakep hasilnya, akhirnya saya cobain foto ala-ala netes gini glazenya. Cuma sekedar buat memuaskan hati bikin foto ala-ala gini boleh kan ya.

Resep saya ambil dari bukunya Primarasa - Kaki Lima Mancanegara. Saya cuma bikin 1/2 resep bisa dapet 12 buah donat ukuran sedang.

Bahan:
50 gram gula pasir
275 ml susu cair, hangatkan
3 sdt ragi instan
2 butir telur
150 gram mentega tawar, lelehkan (saya pakai unsalted margarin)
600 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Glaze:
175 gram gula bubuk
65 ml air es
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdm mentega, lelehkan

Cara Membuat:
- Campur gula dan susu cair hangat dalam mangkuk, aduk hingga gula larut. Tambahkan ragi instant, diamkan selama 5-10 menit hingga ragi membentuk gelembung-gelembung.
- Kocok telur dalam mangkuk, masukkan mentega leleh, aduk hingga rata. Masukkan campuran telur ke dalam mikser roti, tambahkan campuran susu dan ragi. Aduk dengan kecepatan rendah.
- Campur tepung dan garam, lalu masukkan dalam 3-4 tahap ke dalam mangkuk mikser, aduk hingga tercampur rata dengan cairan. Proses selama 10 menit hingga kalis (tidak melekat di mangkuk), angkat.
- Bulatkan adonan, masukkan ke dalam wadah. Tutup dengan plastik lengket. Simpan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali semula (45 menit). Kempiskan adonan, taruh di atas meja yang ditabur sedikit tepung.
- Gilas setebal 1/2 - 3/4 cm. lalu cetak dengan ring cutter diameter 8 cm, lalu potong tengahnya dengan ring cutter diameter 2 cm. Buang bagian tengahnya, taruh adonan di atas loyang beralas kertas roti. Biarkan mengembang lagi kurang lebih 15 menit. (saya gunakan donat cutter)
- Panaskan minyak yang banyak dalam wajan di atas api kecil. Goreng donat secara bertahap. Balik sekali saja agar tidak menyerap minyak. Setelah kedua sisinya berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan hingga dingin.
- Glaze: Campur gula bubuk, air es, garam, dan vanili dalam mangkuk, aduk hingga menjadi campuran yang halus. Masukkan mentega leleh, aduk rata. Celupkan donat ke dalam glaze, tepiskan kelebihan cairan gula, tiriskan di atas rak kawat. Sajikan bila gula sudah mengeras.

2 komentar: