Bakso Ayam


Coba-coba bikin bakso ayam atau chickenball. Seingat saya, saya belum pernah deh posting tentang bakso. Jadi kali ini saya cobain posting tentang bakso ayam.

Bakso ayam itu seperti inilah penampakannya. Putih dan lebih lembut ketimbang bakso sapi. Yang pasti jauh lebih murah membuat bakso ayam ketimbang bakso sapi, kan ayam harganya jauh lebih murah. Hehehe... Oh ya, seperti biasa, saya kan bukan ahli di dalam perbaksoan, jadi jika baksonya kurang bulat ya harap dimaklumi.

Kalau mau bikin bakso, bakso apapun itu, wajib ya menggunakan food processor atau chopper khusus mencacah daging. Jangan gunakan blender yang biasa kita gunakan untuk bumbu atau juice. Kasihan blendernya, kerja rodi. Jangan juga menggunakan daging giling yang biasa dijual di supermarket. Bisa sih pakai daging giling, tapi hasil akhirnya bakalan beda. Ga mulus baksonya. Sebenarnya bisa juga diupahin ke tempat penggilingan daging, tapi kan kita ga pernah tahu riwayat penggilingan daging sebelumnya. Jadi lebih aman ya, haluskan daging sendiri. Jadi jika suka bikin bakso dan ga punya chopper, menabunglah. Chopper juga terjangkau kok harganya, lebih mahalan blender daripada chopper lho.

Eh iya, hari ini kan saya masak sup iga, kuah sup iga ini saya jadikan kuah bakso, sedappp. Untuk mi, saya gunakan mi asin singkawang. Pas ada nemu di supermarket, mi asin yang warnanya kuning. Lucu kan ya, biasanya mi asin itu putih aja. Untuk mi asin, mudah kok penyajiannya, tinggal rendam di air matang hingga lunak, bilas lagi di air matang supaya rasa asin dari mi berkurang, tiriskan, dan mi asin siap untuk digunakan. Mudah bukan?


Resep saya ambil dari bukunya Dapur Elisa - Bakso Istimewa : Alami dan Praktis

Bahan:
300 gram fillet ayam (saya gunakan bagian dada)
2 sdm bawang putih goreng (saya goreng dari 2 siung bawang putih)
50 gram es batu
1 butir putih telur
75 gram tepung sagu putih
1/2 sdt merica bubuk (saya pakai agak banyak)
1 sdt kaldu ayam bubuk (saya pakai non msg)
1 sdt garam (saya kok ngerasa kurang asin ya, kalau mau ditambah hayoo aja)
Air hangat secukupnya

Cara Membuat:
- Campur semua bahan kecuali air hangat, haluskan dengan food processor.
- Bentuk adonan bulat-bulat, masukkan dalam air hangat. (pastikan tangan selalu dalam kondisi basah supaya mempermudah untuk membualatkan bakso, saya tidak rendam dalam air hangat tetapi langsung direbus)
- Rebus hingga adonan mengapung, angkat dan sajikan. (saya tambah waktu perebusan selama 15 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar