Broccoli Quiche


Adakah yang tahu bedanya Pie, Tart, Flan dan Quiche? Coba tebak!

Kirana itu udah beberapa hari ini cerita tentang pai pai dan pai. Entah nonton dari mana dia jadi tahu tentang makanan bernama pai. Jadi tadi pagi emak ini bikin pai brokoli. Brokoli bisa dibikin pai? Bisa dong...

Saya tahu tentang pai brokoli ini gara-gara buka-buka buku resep. Ada buku resep yang sudah lama dibeli tapi jarang saya buka-buka. Buku resep ini buku resep jadul terbitan 1987 berbahasa inggris yang saya dapat seharga 35 ribu saja di Bekasi Square. Di Bekasi Square ini ada lapak yang menjual buku-buku bekas. termasuklah buku yang saya beli ini. Sayangnya saya datang ke Bekasi Square di hari terakhir pas saya mudik ke jakarta dimana bagasi saya sudah overload. Jadi mesti tahan iman ketika lihat buku resep yang murah meriah kayak gini. Alhasil, ga bisa beli buku banyak.

Buku resep yang saya beli ini terbitan Hamlyn. Judulnya Hamlyn New All Colour Cookbook. Di tahun 1987 buku ini cuma seharga £ 4.99. Menakjubkan sekali rasanya memiliki buku jadul yang mungkin heppening sekali pada masanya. Untuk masa itu, buku ini pasti keren banget. Semua halaman berwarna, ada foto-foto jadul, dan yang pasti resep jadul juga. Ahh saya suka itu.

Oh ya, saya curiga, buku ini dulunya dimiliki oleh salah seorang kontributor majalah femina. Di beberapa resep masih ada tulisan tangan menggunakan pensil yang bertuliskan "ada di femina". Saya curiga, mungkin pemilik buku ini sudah meninggal. Nah, mungkin anak atau cucunya ngeliat buku-buku resep ini menuh-memenuhi rumah aja, terus buku ini dijual di lapak barang bekas itu. Padahal buat saya, buku-buku resep seperti ini aset lo, sangat berharga buat saya. Oh ya, pemilik buku ini apik sekali simpan buku. Buku-buku jadul tapi masih dalam kondisi sangat bagus. Tanpa lipatan, apalagi koyak-koyak. Ga kayak saya.

Oh ya, balik lagi ke pai brokoli, brokoli ini ketika dibikin pai, ada aroma langunya. Tapi buat Kirana ga masalah. Sedap aja dia makan pai brokolinya. Padahal kalau ditumis, ga doyan dia dengan brokoli. Giliran dibikin pai, doyan banget. Alhamdulilah... Tekstur brokoli sudah ga kres-kres lagi ketika diolah dengan cara dipanggang seperti ini. Sudah lembut, jadi tinggal hap hap hap aja.

Resep didapat dari buku Hamlyn New All Colour Cookbook

Bahan:
225 gram tepung gandum / wholemeal flour (saya gunakan tepung taj mahal buatan bogasari, kalau tidak ada, bisa menggunakan tepung terigu serbaguna)
Garam secukupnya
Paprika bubuk secukupnya (saya ga pake)
100 gram margarin
2-3 sdm air dingin (beda jenis tepung beda kadar serap air, saya butuh sekitar 5 sdm air dingin)

Bahan Isian:
225 gram brokoli
2 telur
300 ml susu cair (saya rasa 300 ml kebayakan karena masih ada sisa campuran susu dan telur, 250 ml susu cair sebenarnya cukup)
Garam dan lada secukupnya
100 gram keju cheddar, parut

Cara Membuat:
- Aduk rata tepung gandum, garam, paprika di dalam wadah. Potong margarin berbentuk kotak-kotak kecil. Campurkan ke dalam campuran tepung, aduk rata hingga berbentuk remahan. Tambahkan air dingin sambil diaduk rata sedikit demi sedikit sampai didapat adonan yang kalis. Giling adonan di meja yang sudah ditaburi terigu, taruh adonan kulit ke dalam cetakan pie berukuran 20 cm.
- Rebus brokoli dengan air mendidih selama 2-3 menit. Tiriskan. Potong kecil-kecil. Tata brokoli di dasar pie. Sisihkan. Kocok dengan garpu telur, susu cair, garam, dan lada hingga tercampur rata. Tuang campuran susu ke atas brokoli. Taburi dengan keju cheddar. (saya potong brokoli kecil-kecil baru direbus, untuk susu dan telur lakukan tes rasa ya supaya rasa asinnya pas)
- Panggang di dalam oven selama 35-40 menit hingga matang. Sajikan hangat.

4 komentar:

  1. baru tau mbak ada tepung taj mahal dari boga sari , itu jenis tepung apa mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mba Fith.
      Tepung taj mahal itu tepung gandum (wholemeal flour). Kayaknya satu-satunya tepung gandum merek lokal yang ada di Indonesia cuma Taj Mahal. Ga mahal kok. 25 ribu untuk kemasan 2 kg. Taj Mahal ini cuma ada kemasan 2 kg.

      Hapus
  2. unik ni, sehat lagi ada brokolinya..memang buku jadul harus dilestarikan ya. Saya malah nggak punya buku jadul, karena ketertarikan dengan dunia memasak baru akhir-akhir ini aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah kepengen Mba Selma bisa eksplorasi masakan maupun snack khas arab. Ada ga ya buku resepnya?

      Kalau ga salah di KSA untuk buku, harganya terjangkau ya Mba? Ada ga sih mereka menerbitkan buku resep?

      Hapus