Rock Cakes


Coba-coba eksplore bukunya Hamlyn lagi. Kali ini cobain rock cakes. Rock cakes termasuk salah satu cake yang cukup famous di Inggris. Membuatnya pun tentu saja sangat mudah, cukup diaduk dengan tangan saja, ga butuh mikser. Taruh di loyang, panggang, jadi deh. Rock cakes ini disarankan untuk disantap pada hari yang sama. Saya malah lebih doyan ketika masih hangat, sedap banget.

Rock cakes ini perpaduan antara cookies dan cake. Mirip cookies raksasa karena besarnya seukuran telapak tangan, luarnya garing dan bagian dalamnya masih lembab. Cake ini memang disajikan seperti ini. Disajikan perbuah dengan ukuran yang cukup besar. Kenyang? Pastilah... Kalau belum kenyang? Makan 2 aja.

Oh ya, di resep ini menggunakan gula demerara. Demerara sugar atau gula demerara memang salah satu jenis gula yang lazim digunakan untuk membuat cake dan biscuit di Inggris. Bentuk gulanya lebih besar daripada gula pada umumnya. Warnanya pun keemasan, dan termasuk jenis brown sugar. Ga punya? Ganti aja dengan gula pasir biasa.

Kue ini rencananya akan dibawa nanti sore ke bioskop buat nonton Zootopia bareng Kirana. Ke bioskop bawa bekal? Iya dong, kan biar hemat. Di bioskop kan mahal-mahal makanannya. Jadi mending bawa bekal. *emak yang hematnya keterlaluan*

Resep didapat dari buku Hamlyn New All Colour Cookbook

Bahan:
225 gram tepung terigu serbaguna
1 sdt mixed spice (saya pakai bubuk spekuk)
1/2 sdt pala parut (saya ga pake)
150 gram margarin
75 gram gula demerara (saya pakai gula pasir)
150 gram buah-buahan kering (saya gunakan 100 gram kismis hitam, rendam selama 15 menit, tiriskan)
1 butir telur, kocok dengan garpu
2 sdm susu cair

Cara Membuat:
- Olesi 2 loyang kue kering.dengan margarin, sisihkan (saya gunakan baking paper anti lengket, ga perlu oles-oles lagi)
- Ayak tepung terigu, mixed spice, dan pala parut ke dalam baskom. Tanbahkan margarin, aduk dengan tangan hingga berbutir-butir.
- Masukkan gula dan buah-buahan kering, aduk rata. Tambahkan telur dan susu cair, aduk hingga semua tercampur rata.
- Bagi adonan ke dalam 8 bagian, taruh di loyang, panggang di dalam oven selama 20 menit hingga matang. (saya timbang @70-75 gram untuk tiap adonan, jika dipanggang dengan otang, butuh waktu 30 menit).
- Dinginkan di rak pendingin.

2 komentar: