Tongseng


Menu kami hari ini adalah tongseng. Tongseng adalah salah satu masakan khas dari Jawa Tengah. Teman-teman mungkin sudah familiar dengan tongseng, tapi saya yang tinggal di Pontianak ga kenal dengan tongseng. Pertama kali tahu tongseng itu seingat saya di suatu siang di tahun 2007 ketika teman sekantor saya membawa bekal makan siangnya berupa tongseng. Teman saya itu asli Yogyakarta. Nah dihari itulah saya dengar, tahu, lihat dan mencicipi yang namanya tongseng. Pada waktu itu saya masih pada jaman dimana saya cuma bisa masak ikan goreng dan ayam goreng atau bikin masakan dengan bumbu instant.

Reaksi pertama kali dengar tongseng, apa itu tongseng? Saya masih ingat bagaimana teman kerja itu menjelaskan ke saya bahwa tongseng itu sebenarnya mirip dengan gulai. Bisa menggunakan kambing ataupun ayam. Segitu aja penjelasannya. Ternyata setelah sekian lama saya baru pelajari bahwa tongseng itu bisa bersantan dan bisa juga tanpa santan. Mirip gulai kah? Hmm beda kali ya. Saya ga pernah makan tongseng yang aslinya itu seperti apa. Jadi kali ini bikin tongseng pun hanya meraba-raba dan menggunakan resepnya Yasaboga.

Tongseng yang saya bikin ini tanpa santan. Bumbunya pun lebih minimalis ketimbang gulai. Kalau gulai kan komplit tuh. Semua bumbu dan rempah dimasukkan. Nah kalau tongseng yang saya bikin ini cuma menggunakan duo bawang, cabai, merica, dan kecap manis. Yang paling khas dari tongseng itu adalah kol, wajib pake kol, kalau tanpa kol ga jadi tongseng deh namanya.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
350 gram daging kambing, potong dadu 2 cm (saya pakai daging sapi)
5 lembar daun kol, buang tulang daun, potong 2x2 cm
5 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai merah, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
3-4 sdm kecap manis
1-2 sdm air jeruk nipis
Garam dan gula sesuai selera

Cara Membuat:
Dengan 3 sdm minyak, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang merah dan cabai. Setelah layu, masukkan daging kambing. Aduk sampai kaku. Tuangkan 500 ml air, beri kecap manis, merica, garam, dan gula pasir. Masak dengan api kecil sampai asat dan daging lunak. Masukkan kol, aduk sampai matang, beri air jeruk nipis, angkat.

5 komentar:

  1. aku masak ini kalau hari raya Idul Adha aja mbak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kepikiran kalau dapet daging kurban mau dibikin tongseng juga Mba Ivon.
      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. bener banget mbak, yang bikin khas dari tongseng itu kol nya..kalo lagi masak tongseng, saya pakai kol yang banyak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tongseng ini kumplit ya Mba Devita. Udah ada sayur dan lauk pauknya. Jadi ga perlu masak yang banyak. Cukup tongseng aja. Hahaha.
      Emak-emak pemalas seperti saya cucok sering-Sering bikin tongseng.

      Hapus
    2. betul mbak, paling-paling nambah goreng kerupuk aja ya mbak hehehe

      Hapus