Fransch Zandkoekjes


Ahaa bikin kukis lagi. Kali ini nyobain kukis jadul yang bernama fransch zandkoekjes. Katanya kukis ini merupakan salah satu kukis warisan Belanda dulu, kelihatan sih dari namanya yang ada "koekjes"nya. Walau saya ga yakin di Belanda sono kenal dengan kukis ini. Hehehe...

Sebenarnya resep kukis ini merupakan base dari kukis dasar. Bisa diaplikasikan dengan bentuk cutter apapun. Mau yang mold atau polos pun bisa. Karena kukis ini polosan, tanpa ada hiasan apapun, jadi saya menggunakan cutter yang ada moldnya sebagai pemanis.

Karena kukis ini merupakan kukis yang menggunakan mentega cukup banyak, jadi lebih baik jika menggunakan mentega yang cenderung lebih harum daripada margarin. Atau kalau mau lebih ekonomis dicampur antara mentega dan margarin juga bisa. Jika menggunakan full margarin, rasa dari kukisnya bakalan datar doang, kurang ngigit.

Eh ya, mug enamel yang ada di belakang itu hadiah giveaway dari kedai kelana lho. Terima kasih banyak ya Mba Yulia. Saya dapet 2 pcs untuk warna ini, tapi yang dipoto baru satu. Ada 2 mug enamel lagi yang belum difoto. Tunggu tayangnya ya.

Resep saya ambil dari bukunya Dapur Anissa - 100 Resep Kue Kering Klasik Populer Indonesia

Bahan:
1 kuning telur
150 gram mentega
100 gram gula halus
225 gram tepung terigu
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt baking powder (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Campur mentega dan gula halus hingga lembut. Masukan kuning telur, aduk rata dengan tangan. Masukan tepung terigu yang sudah di ayak bersama vanili dan baking powder, aduk rata dengan spatula hingga rata. (saya campur mentega dan gula halus dengan whisk)
- Giling tipis adonan dengan kayu giling. Cetak dengan loyang sesuai selera. Susun dalam loyang. Lalu panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang dan kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar