Roti Manis Pizza


Mari ngepizza....

Sebenarnya bikin pizza itu ga sulit terutama pizza yang bentuknya pipih. Tapi kalau bikin yang ala-ala seperti yang saya bikin ini rupanya cukup makan waktu karena adonan mesti dibentuk satu-satu. Saya yang kurang sabaran ngerjain roti yang ginian ngerasanya lamaaa sekali karena mesti dibulat kecil-kecil terus digulung satu-satu pula. Sebentar-bentar liat jam. Padahal ngerjainnya tanpa "dibantu" Kirana tapi berasa banget lama selesainya. Kalau "dibantu" Kirana saya yakin bakalan ngerasa jauh lebih lama lagi. Saya yakin itu.

Rotinya lembut banget. Walau ngulennya ala saya yang ga akan benar-benar sampai kalis. Yang saya bikin sepertinya memang ga perlu sampai kalis elastis deh. Adonan akan bermargarin ketika margarinnya dituang ke adonan. Jadinya memang belepotan kalau mau dibanting-banting. Saya kira-kira semua adonan sudah tercampur rata, saya mulai masuk proses proffing. Untung hasilnya bagus. Rupanya nasib baik lagi berpihak ke saya.

Mozarellanya nanggung ya. Saya males pake parutan, jadi saya potong dadu dan ditabur di atas pizzanya. Makanya lumeran mozarellanya nanggung banget. Kalau mau cantik ya memang mesti diparut mozarellanya.

Ternyata bikin roti pakai otang itu tricky ya. Saya uji coba ke roti manis pizza ini bagus hasilnya. Jadi jika otangnya ada 3 rak, taruh loyang di rak tengah selama 15 menit, rak paling atas ditaruh loyang kosong (untuk menghasilkan efek panas dari loyang), setelah 15 menit, pindahkan ke rak atas dan panggang selama 15 menit lagi. Maka hasil roti bakalan kecoklatan permukaannya. Abal-abal sih metodenya. Ga tahu juga kalau digunakan di roti yang lain bakalan sukses kecoklatan apa ga. Nanti saya coba ya ke roti yang lain.

Harusnya roti manis pizza itu menggunakan cup alumunium foil yang seperti tatakan gelas itu. Satu cupnya untuk 3 bulatan. Saya pakai cetakan pie bali ukuran sedang satu cupnya bisa untuk 4 bulatan. Itupun jadinya masih banyak. 1 resep dapat 17 cup.

Resep saya ambil dari bukunya Primarasa - Bekal Tamasya

Adonan roti manis:
500 gram tepung terigu protein tinggi
11 gram (1 sachet) ragi instant
100 gram gula pasir
150 ml susu cair dingin
100 ml air dingin
4 kuning telur
1 sdt garam
120 gram mentega / margarin

Isi:
100 gram keju mozarella, potong dadu 1/2 cm
125 gram daging asap utuh, potong dadu 1/2 cm (di Pontianak ga ada daging asap utuh, saya pakai yang slice, cuma pakai 5 lembar karena stok di kulkas cuma ada segitu)
4 buah sosis sapi, potong dadu 1/2 cm
1 sdm peterseli cincang (saya ga pake)
1 sdt campuran rempah segar (rosemary, oregano, marjoram) (saya ganti 1 sdm italian herb kering campuran dari oregano, basil, dan parsley, produk dari Jays)
8 sdm saus tomat

Olesan dan Taburan:
2 sdm minyak zaitun (saya pakai minyak goreng)
1/2 sdm campuran rempah segar (rosemary, oregano, marjoram) (saya pakai italian herb)
100 gram keju mozarella, parut kasar (saya potong dadu)

Cara Membuat:
- Adonan roti manis: Taruh tepung terigu, ragi, dan gula dalam mangkuk, aduk rata. Buat lubang di tengahnya. Campur susu cair dengan kuning telur dan air, aduk rata. Tuang campuran susu ke dalam lubang tepung, aduk rata. Pindahkan adonan ke atas meja marmer. Tambahkan garam dan mentega/margarin, uleni hingga kalis.
- Bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk, tutup mangkuk dengan plastik, diamkan adonan hingga mengembang 2 kali semula (60 menit). Kempiskan adonan dengan cara ditinju, potong dan timbang adonan @15 gram. Bulatkan adonan di atas meja bertabur tepung, taruh bulatan adonan secara berurutan.
- Ambil 1 buah adonan dari urutan pertama yang sudah mulai mengembang, pipihkan bentuk oval panjang, taruh 1 sdt adonan isi di atasnya, ratakan, lalu gulung hingga isi terbungkus adonan. Selesaikan mengisi dan menggulung hingga adonan roti dan isi habis.
- Atur 3 buah bulatan adonan di dalam mangkuk kertas, biarkan adonan mengembang 2 kali ukuran semula (30-60 menit). Olesi permukaan adonan dengan minyak zaitun, taburi rempah-rempah segar dan keju mozzarella. Taruh mangkuk roti di atas loyang datar.
- Panaskan oven pada suhu 200 C Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga roti matang dan kecoklatan (kurleb 20 menit). Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan roti dengan mentega/margarin leleh. Pindahkan roti ke atas rak kawat, biarkan hingga dingin.

2 komentar:

  1. Lucu pizzanya..bikin gemes...belum pernah bikin pizza pakai moza...mau buat insyaAllah...makasi mba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di madinah mozzarella murah kali ya Mba Selma? Di Pontianak kisaran harganya 150 rb/kg. Saya beli yang diecer, hehehe....
      Klo bikin pizza pake moza, sensasinya beda Mba. Lebih ngigit.

      Hapus