Puding Roti Tape


Camilan kami hari ini adalah puding roti tape. Pas ada tape yang udah enam hari ada di kulkas. Ada juga roti burger yang sudah 3 minggu ngadem di kulkas. Kalau ngeliatin ada makanan yang bisa dimakan tapi ga ada yang mau makan suka geram lihatnya. Roti burger sampai sebegitu gersangnya saking kelamaan di kulkas. Saya lihat-lihat dan endus-endus roti burger masih bagus, tape pun masih bagus. Jadi saya cobain resep yang sudah lama saya bookmark dari Pak Sahak yaitu puding roti tape. Lumayan kan ya bisa jadi camilan kami sekeluarga.

Umumnya puding roti menggunakan roti tawar, tapi saya pakai roti burger. Bisa kah? Bisa dong. Kan intinya sama-sama roti. Yang pasti roti burgernya dipotong dadu dulu.

Puding roti tape ini tipe cold puding. Puding didinginkan di kulkas dan dimakan dalam keadaan dingin. Saya bikin tadi malam, masukkan ke kulkas dalam keadaan terbuka. Tadi pagi baru saya potong. Jadi tekstur puding menjadi lebih set. Makanya bisa dipotong-potong dan diambil dengan tangan.

Ini kali pertama saya kenal kacang kenari. Baru ngeliat di tbk dekat rumah rupanya ngejual kacang kenari. Mahal juga rupanya, 15 ribu / 100 gram yang ternyata setelah ditimbang lagi di rumah ga betul-betul 100 gram. Sama rupanya dengan harga kacang mente. Sama mahalnya...

Oh ya, mug enamel kece itu saya dapat dari giveawaynya @kedai kelana lo. Keren kan? Terima kasih banyak ya Mba Yulia.


Resep saya ambil dari Facebooknya Pak Sahak Pribadi.

Bahan :
5 butir kuning telur
25 gram custard
25 gram maizena
25 gram tepung terigu
125 gram gula pasir
500 gram susu cair
200 - 300 gram tape singkong, dihaluskan, buang seratnya (saya gunakan 300 gram)
10 lembar roti tawar potong kotak kotak atau disuir (saya gunakan 5 pcs roti burger, potong dadu)
150 gram margarin cair
100 gram kacang kenari (bagi dua, satu bagian untuk isian, satu bagian untuk taburan)
100 kismis (bagi dua, satu bagian untuk isian, satu bagian untuk taburan)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 C. Olesi loyang 20x20x4 cm dengan margarin, alasi kertas roti, oles dengan margarin lagi, siishkan.
- Campur: kuning telur, custard, maizena, tepung terigu, gula pasir, dan susu cair. Aduk rata.
- Masukan tape yang sudah dihaluskan aduk rata.
- Masukan roti, sebagian kismis dan sebagian kacang kenari aduk rata.
- Masukan margarin cair aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang, lalu taburkan sisa kismis dan kacang kenari lalu panggang selama 25 menit atau sampai matang hingga warna kecoklatan.
- Dinginkan kemudian poles dengan selai aprikot biar mengkilat. (saya ga oles)

8 komentar:

  1. wah aku juga pas mau bikin puding roti tape juga mbak :D

    BalasHapus
  2. Aaaah kangennya sama tape..mesti mudik dulu supaya bisa bikin ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mudik bawa ragi untuk bikin tape Mba Selma. Raginya yang bulat-bulat. Ntar di Madinah tinggal cari singkongnya. Praktekin deh bikin tapenya.

      Hapus
  3. Tak bookmark lagi mba Rika resepnya :) pasti enak ini ....

    BalasHapus