Donat Kentang


Tadi subuh saya coba-coba bikin donat kentang. Saya ini ga terlalu pandai membuat rerotian termasuk lah si donat. Kadang hasilnya bagus, kadang ya begitu lah. Jadi kalau saya bikin rerotian, itu emang udah niat sekali, seperti yang tadi saya lakukan. Entah apa yang tadi pagi merasuki saya. Hahaha.

Kali ini saya cobain donat kentangnya Primarasa. Udah 2 kali nyobain bikin donat kentang pakai resepnya Primarasa. Yang pertama, over fermentasi. Entah kenapa beberapa kali bikin donat sering kayak gini ni kejadiannya. Saya curiga, suhu Pontianak yang sangat-sangat hangat membuat proses fermentasi berlangsung dengan lebih cepat. Jadinya ya dengan jam yang sama sesuai resep, hasilnya malah over fermentasi. Kalau donat yang over fermentasi masih bisa dimakan, cuma ada bau agak asam. Karena tadi itu bikinnya subuh, jadi suhu belum terlalu hangat, fermentasinya pun Alhamdulilah berhasil.

Jadi saran saya, kalau mau buat rerotian, harap perhatikan suhu ruangan ya. Kalau suhu seperti Pontianak, waktu fermentasi bisa dikurangi 15 menit kecuali Pontianak lagi hujan, mendung, atau bikin rotinya malem atau subuh dimana suhu belum terlalu panas boleh lah ya waktunya sesuai aturan.

Akhirnya saya bisa juga bikin foto ala-ala tepung gula seperti ini. Dengan 48 kali shoot dan Kirana yang ngambekan karena haus dan Mamanya yang ga tahu diri ini masih aja minta tolong ayakin tepungnya. Akhirnya saya nyerah, bikinin es teh dulu, bawa ke lokasi motret, lanjut lagi motonya, jadi sambil bantuin ayak tepung sambil nyeruput es teh.

Resep saya ambil dari bukunya Primarasa - Roti Goreng dan Kukus.

Bahan:
500 gram kentang (saya gunakan 125 gram potato flakes + air panas hingga 500 gram, aduk rata)
150 gram gula pasir
3 kuning telur
500 gram tepung terigu (saya gunakan 250 gram tepung terigu protein sedang dan 250 gram tepung terigu protein tinggi)
1 bungkus (11 gram) ragi instant
1 sdm susu bubuk
100 gram margarin, lelehkan
Minyak untuk menggoreng
50 gram gula bubuk, untuk taburan

Cara Membuat:
- Cuci kentang, kukus hingga empuk dan matang, angkat. Kupas kulitnya selagi panas, lalu segera lumatkan menggunakan pelumat kentang. Sisihkan hingga dingin. (karena saya pakai kentang flakes, jadi yang ini saya skip)
- Kocok gula dan telur hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu, kentang lumat, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan margarin leleh, uleni hingga adonan kalis (tidak melekat di tangan). Diamkan adonan kurleb 45 menit supaya mengembang.
- Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu gilas setebal 1 cm. Cetak adonan dengan cetakan donat, dan diamkan lagi selama 15 menit.
- Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan api sedang. Masukkan bulatan adonan satu persatu. Siram-siramkan minyak di atas bulatan adonan hingga mengembang dan matang, angkat, tiriskan (jika ingin terbentuk cincin di tengah donatnya itu, donat jangan sering dibolak balik, saya balik donat sebanyak 3 kali, pertama untuk membuat satu sisi mengembang, saya balik hingga kecoklatan, kemudian balik lagi hingga kecoklatan, api kompor jangan terlalu kecil karena minyak akan terserap banyak ke dalam donat)
- Taruh donat di atas rak kawat, nampan, atau wadah datar, taburi atasnya dengan gula bubuk, sajikan.

2 komentar:

  1. cakep hujan gulanya. Donatnya juga rapi ya mbak. Kangen bikin roti, tapi disini musim dingin, nunggu fermentasinya lama...huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Madinah lagi musim dingin ya Mba Selma? Kalo siang berapa derajat?

      Yuk dicobain lagi untuk moto hujan saljunya...

      Hapus