Pendap


Masih edisi belajar moto ikan, saya uji coba dengan membuat pendap. Sudah lebih baik motonya? Ahh tentu saja masih kacau.

Pendap adalah masakan dari Bengkulu. Sekilas mirip ikan yang dibalado ya? Tapi beda lo. Pendap ini ikannya dikukus dulu dengan daun pisang seperti kalau kita bikin pepes, kalau udah matang baru dibuka dan disiram bumbu lagi. Bumbu pendap ini jauh lebih komplit dan ada penambahan santannya.

Pendap ini ada penambahan daun mangkok juga. Walau saya baru kali ini tahu daun mangkuk bisa dipake untuk masakan, tapi tetap saya pake. Daun mangkuk yang saya pakai untuk pendap ini masih kecil-kecil daunnya. Dulu waktu kecil daun mangkuk ini biasa saya pakai buat main masak-masakan. Apa fungsi daun mangkuk ini di dalam masakan, saya juga kurang tahu.

Pendap ini saya buat gara-gara mau memberdayakan pohon pisang yang bakalan ditebang imlek nanti. Jadi sebelum ditebang, saya berdayakan habis-habisan daun pisang yang masih bisa digunakan. Sepertinya nanti saya akan tetap merindukan pohon pisangnya. *edisi galau*

Resep diambil dari Tabloid Saji Edisi 303

Bahan:
5 ekor ikan kembung
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
1 buah asam kandis
4 lembar daun mangkukan, diiris kasar
100 gram kelapa parut kasar, disangrai
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
1 tangkai daun seledri, diiris kasar
2 sendok makan minyak untuk menumis
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri, disangrai
6 buah cabai merah besar
2 cm jahe
2 cm kunyit, dibakar

Cara Membuat:
- Remas-remas daun mangkukan dengan 1/2 sendok teh garam. Cuci bersih. Tiriskan.
- Lumuri ikan kembung dengan setengah bagian bumbu halus. Bungkus seperti pepes.
- Kukus di dalam kukusan yang sudah dipanaskan 30 menit sampai matang. Buka bungkus daunnya. Sisihkan.
- Panaskan minyak. Tumis sisa bumbu halus, lengkuas, serai, asam kandis sampai harum.
- Tambahkan daun mangkukan. Aduk sampai layu.
- Tambahkan kelapa parut. Aduk rata.
- Masukkan santan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang dan kuah kental. Tambahkan kelapa sangrai, daun bawang, dan daun seledri. Aduk rata.
- Siram ke atas ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar