Onion Garlic Twist


Mari bikin kukis... Kali ini cobain resepnya Nila Chandra. Masih kenal dengan Nila Chandra? Nila Chandra adalah seorang pakar boga yang sangat kondang pada tahun 80-an sampai 90-an. Di masanya, beliau merupakan seorang pengajar kursus masak dan bikin kue dengan nama "Kursus Masak Nila Chandra" yang pada saat itu masih sedikit jumlahnya. Beliau pakar untuk cake, kue-kue kecil, kue kering, dan masakan Indonesia Populer.

Ketika Nila Chandra masih aktif, beliau belum membuat buku resep. Ketika beliau meninggal di tahun 2000 pada usia 71 tahun, atas kecintaan terhadap Ibunda, putrinya Joyce Aswan berusaha mengumpulkan resep-resep Nila Chandra menjadi sebuah buku. Sebagian besar resep di bukunya itu adalah resep yang pernah diajarkan oleh Nila Chandra ketika beliau mengadakan kursus masak.

Walau bukunya terbitan tahun 2000 tetapi mau cari buku resepnya Nila Chandra di toko buku itu sudah langka. Makanya ketika ada yang menghibahkan ke saya buku resepnya Nila Chandra, berasa dapat harta karun. Saya pecinta buku resep. Walaupun zaman sudah canggih, dengan sentuhan ujung jari pun bisa mendapat akses resep apapun, tetapi saya tetap mengkolekasi cukup banyak buku resep, dan masih akan tetap mengkolesinya. Walaupun memiliki banyak buku resep, tetapi saya belum punya satu pun buku resepnya Nila Chandra. Karena buku resepnya udah lama kali ya, jadinya jarang ada toko buku yang masih menjualnya. Jadi, ketika dihibahkan, Alhamdulilah banget.

Nah dalam rangka uji coba resep-resep jadulnya Nila Chandra, saya coba bikin ya. Kali ini saya coba kukis onion garlic twist dulu. Lucu deh kukisnya, Diplintir gitu. Kirana suka sekali. Aroma bawang putih sangat menggoda, berpadu dengan aroma butter yang khas, jadinya mantep banget. Sayangnya karena saya halusin bawang putihnya pake blender dimana bawangnya ga terlalu halus, masih ada kasarnya jadinya adonan kue keringnya ada yang bergerindil. Saran saya jika ada bubuk bawang putih, lebih baik menggunakan bubuk bawang putih saja, bakal lebih mulus adonannya.

Resep diambil dari bukunya Joyce Aswan - Kue Kering Ala Nila Chandra. Satu resep cuma jadi 24 pcs. Saya bikin sampai 2 batch karena ya satu batch pasti ga akan sampai satu hari udah ludes duluan. Oh ya, aslinya di atas kue disemir dengan kuning telur. Dan saya lupa! Ingetnya udah selesai dipanggang pas liat kuenya kok pucat ya, rupanya saya lupa olesin kuning telur. Ya sudahlah ya, biarkan saja, toh kuenya juga udah mateng.

Bahan:
90 gram mentega / margarin
3 siung bawang putih, haluskan
3 kuning telur, kocok sebentar
2 sdt air
185 gram tepung terigu *campur, ayak
1/2 sdt baking powder *
1/2 sdt garam *
1 kuning telur, kocok sebentar

Cara Membuat:
- Kocok mentega / margarin hingga halus, masukkan bawang putih halus, kuning telur kocok, dan air. Kocok kembali hingga rata.
- Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, uleni hingga kalis. Giling adonan setebal 0.3 cm, potong-potong 1x10 cm. Pilin / puntir potongan adonan, letakkan dalam loyang yang telah diolesi mentega / margarin.
- Olesi permukaan potongan adonan dengan kocokan kuning telur. Panggang dengan api sedang selama 25 menit hingga matang. Angkat, simpan dalam wadah tertutup setelah dingin.

2 komentar:

  1. Mba Rika saya bookmark resepnya ya, kapan-kapan mau coba :) kebetulan saya juga suka kumpulin buku resep dari jaman baheula dan kalau yang dari tabloid suka tak bikin kliping :) Bahkan kumpulan resep tulisan tangan Almarhum Bapak juga masih tak simpen sampai sekarang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Almarhum Bapaknya Mba Lys malah suka ngumpulin resep? Rajinnya mba, salut saya...

      Eh iya.. jaman-jaman dulu itu kan ya memang hitsnya ngumpulin resep dari majalah, atau entah darimana lah ya, terus dicatat ulang di agenda.

      Hapus