Muffin Texas


Pernah mendengar muffin texas? Muffin texas itu sebenarnya muffin biasa, bisa asin atau manis dan bisa ditambah apa saja. Kemudian apa yang membedakan muffin texas dan muffin pada umumnya? Ukurannya! Muffin texas itu muffin berukuran jumbo. Satu cup muffin texas itu dua kali lipat dari rata-rata ukuran muffin. Muffin texas pun tidak menggunakan cup kertas. Tetapi langsung dituang ke dalam loyang muffin.

Muffin texas yang saya bikin ini ala-ala aja. Saya ga punya cetakan yang sebesar muffin texas. Tapi cukup besar untuk ukuran muffin.

Bikin muffin itu sebenarnya sangat menyenangkan. Cukup campur semua bahan, aduk-aduk, tuang, terus panggang deh. Muffin juga bisa disimpan lama. Bungkus muffin satu persatu di dalam plastik wrap. Taruh di freezer maka muffin bisa tahan 3 bulan. Jika mau dimakan, keluarkan di suhu ruang, panggang kembali sebentar saja. Muffin hangat pun siap dihidangkan.

Resep diambil dari bukunya Dapur Kirana - Muffin

Bahan:
280 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt garam halus
1 buah zukini, parut
1 buah wortel, parut
75 gram sosis, iris tipis (saya pakai 3 buah, berat @30 gram)
225 gram, keju cheddar, parut (untuk di bagian atas muffin saya beri keju potong dadu)
2 butir telur ayam
180 ml susu cair
125 gram mentega, lelehkan

Cara Membuat;
- Panaskan oven hingga 200 c. Olesi dengan margarin 6 cetakan muffin texas volume 180 ml. (saya panaskan oven 180 c, menggunakan 10 cetakan cupcake ukuran besar)
- Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk besar. Sisihkan.
- Letakkan parutan zukini dan wortel di atas tisu dapur. Tekan-tekan agar airnya terserap tisu.
- Tambahkan parutan zukini dan wortel tersebut ke dalam tepung terigu. Masukkan irisan sosis dan 1/2 bagian keju parut. Aduk hingga tercampur rata.
- Kocok telur ayam, susu cair, dan mentega. Tuangkan ke dalam bahan kering, aduk dengan sendok kayu.
- Isi cetakan muffin dengan adonan hingga 2/3 bagian terisi. Taburi dengan sisa keju parut.
- Panggang dalam oven selama 20-25 menit hingga matang. Jika bagian tengah kue ditusuk dan adonan tidak lagi menempel pada permukaan tusuk gigi, angkat, dan biarkan dingin selama 5 menit. Pindahkan ke atas kawat pendingin kue.

2 komentar:

  1. Suka mood fotonya mbak...plus mupeng sama properti jadulnya..antik banged...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu properti warisan turun temurun Mba Selma. Dari nenek ke tante terus ke saya. Lagi ngincer properti jadul lainnya yang punya nenek juga. Hihihi....

      Hapus