Bistik Sayap Ayam


Buat saya, sayap ayam itu bagian ayam yang paling lezat untuk dimakan. Walau dagingnya sedikit dan tulangnya banyak, sayap ayam jauh lebih gurih jika dibandingkan bagian ayam yang lain. Sayap ayam pun bisa diolah ke berbagai masakan. Sayap ayam bisa disayur, dibuat sup, digoreng kering, ditumis, bahkan dipanggang.

Sayap pada ayam broiler memiliki aroma yang kurang sedap, beda dengan sayap pada ayam kampung. Makanya wajib untuk melumuri sayap ayam dengan air jeruk nipis yang banyak atau air asam jawa dan garam. Biasanya sayap saya cuci bersih, buang semua bulu yang masih menempel, beri air jeruk nipis, taburi garam, olesi seluruh permukaan sayap dengan garam selama 30 menit baru sayap ayam dicuci lagi. Hal ini juga berlaku untuk bagian ayam yang lain.

Kali ini sayap ayamnya saya coba bikin bistik. Baru kali ini sih nyobain bikin bistik ayam. Ternyata enakkk banget. Bakal jadi menu favorit nih untuk di rumah.

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Menu Kreatif Dari Sayap Ayam

Bahan:
500 gram sayap ayam
1 1/2 sdt garam
1 sdm saus inggris
1 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng
1 sdm mentega, untuk menumis
1/2 butir bawang bombay, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
500 ml kaldu ayam, didihkan
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm saus steak, siap beli
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:
- Bersihkan sayap ayam. Potong bagian ujungnya. Campur rata saus inggris, garam, dan merica bubuk secukupnya. Aduk sayap ayam dalam campuran saus inggris. Diamkan selama 15 menit. Goreng sayap dalam minyak cukup banyak sampai matang. Angkat, tiriskan.
- Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Tuang air kaldu, lalu masukkan merica bubuk, pala bubuk, dan saus steak. Aduk dan biarkan mendidih.
- Masukkan sayap ayam goreng, aduk-aduk. Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap. Kentalkan dengan larutan maizena. Didihkan lagi, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar