Victorian Green


Di penghujung tahun ini saya sempatkan diri untuk bikin cookies. Kepengen bikin victorian green ini udah lama banget. Tapi belum kesampaian. Nah.. tadi saya sempatkan diri untuk mencoba bikin. Kirana juga bantu cetaknya.

Kukis ini saya tambahkan sedikit vanila cair biar harum. Pernah mencoba menambahkan vanila cair ke dalam kukis? Bisa lo. Ga usah khawatir kukis bakal lengket. Dijamin aman kok. Kan pakenya ga banyak. Ketika dipanggang, wangi vanila akan menyebar ke seluruh rumah. Harum...

Aslinya victorian green ini pake royal icing. Tapi karena saya ga suka royal icing, jadi saya ganti cokelat putih. Cokelat putihnya lagi ngambek. Ga mau cair, tapi juga ga menggumpal. Karena ga mau mencair, rencana semula yang menggunakan piping bag untuk mengoles cokelat ke kukis akhirnya dibatalkan. Metode celup pun ga berhasil. Akhirnya saya gunakan metode oles saja. Karena dioles, jadinya ga rapi, geradakan. Tapi karena untuk konsumsi sendiri, jelek pun ga papa lah ya. Yang penting enak.

Tekstur adonan victorian green ini memang lembut. Jadi jika merasa kurang bisa dicetak, jangan langsung semangat menambahkan terigu ke dalam adonan. Simpan saja adonan ke dalam lemari es selama 1 jam, bisa langsung dicetak deh. Jangan lupa taburi terigu ke alas dan permukaan kukis.


Resep diambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Kue Kering Klasik dan Populer

Bahan:
100 gram margarin
100 gram mentega
100 gram gula halus
2 butir kuning telur
275 gram tepung terigu protein rendah
20 gram tepung maizena
5 gram green tea bubuk (saya gunakan 1/2 sdt vanila cair)
80 gram gula kristal warna hijau, untuk taburan (saya bikin sendiri dari 50 gram gula pasir warna putih + 3 tetes pewarna hijau dimasukkan ke dalam plastik es batu, guncang-guncang hingga gula dan pewarna tercampur rata, ternyata untuk 50 gram gula pasir sisanya masih banyak, saran saya bikin saja dari 20 gram gula pasir)
Margarin secukupnya, untuk olesan loyang (saya pakai baking paper yang dari kain, tidak perlu oles lagi)
Kertas roti secukupnya (saya pakai baking paper yang dari kain)

Bahan Glazur: (saya ganti dengan cokelat putih, lelehkan)
50 ml putih telur
200 gram gula halus
1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat:
- Panaskan oven hingga suhu 160 C. Olesi loyang dengan margarin atau alasi dengan kertas roti. (saya panaskan oven ketika semua sudah selesai dicetak)
- Campur margarin, mentega, dan gula halus sampai rata dengan menggunakan spatula. Masukkan kuning telur, aduk rata. Beri tepung terigu, maizena, dan green tea bubuk (saya gunakan vanila cair). Aduk rata.
- Gilas adonan setebal 3-5 mm. Cetak bentuk hati, lalu panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan.
- Glazur: campur putih telurdan gula halus, aduk rata. Kocok dengan mikser kecepatan rendah hingga glazur berwarna putih dan konsistensi sedikit kental, tetapi masih bisa mengalir. Beri air jeruk lemon, aduk rata, dan kocok sebentar saja.
- Dengan menggunakan kantong plastik segitiga, semprotkan glazur melapisi permukaan atas kukis dan ratakan. Taburi dengan gula kristal hijau.
- Panggang kukis di oven suhu 70-100 C (untuk mematangkan glazur) selama 10 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Simpan di wadah bertutup rapat.

2 komentar:

  1. Cantiknya..ternyata gitu ya buat gula warna..noted mbak..makasi infonya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibikin warna warni Mba Selma. Untuk atasnya cake juga bisa. Di tbk ada yang jual, proses bikinnya sih sama aja saya rasa. Jadi ya bikin sendiri aja kan ya. Lebih murah meriah.

      Hapus