Memasak Kalio Ayam Dengan LOCK & LOCK Hard & Light

 
Hai hai semua... Selamat datang tahun 2016. Semoga di tahun 2016 ini semua keinginan, harapan, dan doa teman-teman semua tercapai. Amin..

Sebagai pembuka tahun, mari kita memasak kalio ayam. Ada yang sudah pernah makan kalio ayam? Kalio ayam itu mirip rendang ayam, bedanya kalau kalio itu lebih berkuah ketimbang rendang. Bahasa kerennya lebih nyemek-nyemek gitu. Jadi semua bumbu dan bahan-bahan dimasak hingga santan benar-benar mengental dan keluar minyaknya. Nah.. gimana caranya bisa mudah masak hingga kuahnya menyusut seperti ini tanpa harus khawatir ayam menjadi hangus? Tentu saja dengan pan yang tepat seperti LOCK& LOCK Hard & Light yang saya gunakan ini.


Walaupun LOCK& LOCK Hard & Light ini jenisnya frying pan, tapi bukan cuma bisa dipakai untuk untuk menggoreng dengan sedikit minyak atau hanya untuk menggoreng telur saja. Pan dari LOCK& LOCK Hard & Light ini tinggi. Jadi bisa digunakan untuk apa saja, termasuk memasak kalio ayam seperti saya ini. Saya suka memasak menggunakan pan ketimbang wajan yang bawahnya cekung. Karena saya masak untuk satu hari. Ayam yang dimasak juga ga banyak. Jadi supaya ayam tetap bagus dan tidak hancur karena sering diaduk, saya gunakan pan karena bagian bawahnya datar dan panasnya merata. Jadi ayam dijejerkan di pan, tidak perlu ditumpuk-tumpuk seperti kita menggunakan wajan yang cekung. Bolak balik ayam hanya sesekali supaya ayam tidak hancur. Buat saya, Pan itu serbaguna, mulai dari menggoreng, untuk memasak lauk sehari-hari, untuk memanggang ayam atau daging, untuk menumis sayur, untuk bikin pancake atau dadar gulung pun oke-oke aja.


Buat saya memiliki gadget dapur yang bagus itu perlu, salah satunya adalah wajan. Mengapa? Karena saya ini ibu rumah tangga yang mengurus rumah tanpa asisten. Jika gadget dapurnya kurang oke, memasak jadi lama, dan itu pun berdampak kepada hal yang lain. Penting banget wajan yang berkualitas itu. Wajan dari LOCK& LOCK Hard & Light memiliki keunggulan yaitu:
- Hard - Memiliki lapisan Hard-Anodizing (proses dimana material aluminium yang digunakan telah melalui proses elektrokimia, sehingga aluminiumnya menjadi anodized, proses ini membuat aluminiumnya menjadi kuat dan awet dalam pemakaian jangka panjang. Setelah proses anodizing baru dilakukan proses coating anti lengket. Apabila lapisan anti lengketnya terkelupas makanan tidak akan menempel pada aluminiumnya). Panas wajan LOCK& LOCK Hard & Light ini merata sehingga hemat energi dan tentu saja membuat masakan matang merata. Tapi tetap ya, saran saya, gunakan spatula atau sutil dari kayu untuk memasak dan selalu gunakan spons lembut untuk membersihkannya supaya wajan LOCK& LOCK Hard & Light yang dimiliki lebih awet.
- Light - Lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan produk sejenis merek lain. Ga mau kan pakai wajan yang bagus tapi berat sehingga untuk pindahin wajan mesti menggunakan dua tangan?


Oh ya, LOCK& LOCK Hard & Light ini juga sangat terjangkau harganya. Ga perlu merogoh kocek yang sangat dalam demi wajan sekeren ini. Bagi yang berminat tapi ga tahu mesti beli dimana, silakan berbelanja online di http://www.locknlockmall.co.id/. Ga perlu cape dan berpanas-panasan keluar rumah, tinggal transfer, maka wajan dari LOCK& LOCK Hard & Light ini akan dikirim ke rumah kita. Mudah bukan? Yuk buruan koleksi.

Resep diambil dari bukunya Tin Dapur Demedia - Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan:
1 ekor ayam negeri, potong 8 bagian
150 ml santan sedang
1 butir jeruk nipis, ambil airnya
1 lembar daun kunyit, ikat simpul
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
3 batang serai, memarkan
2 buah asam kandis
1/2 butir biji pala
1 sdt garam

Haluskan:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
8 buah cabai merah
1 sdt merica butir (saya pakai merica bubuk)
3 cm kunyit (saya pakai kunyit bubuk)
3 cm jahe
4 cm lengkuas
1 sdt ketumbar, sangrai (saya pakai ketumbar bubuk)
1/2 sdt jintan
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit. Bilas sampai bersih.
- Didihkan santan, tambahkan dengan bumbu yang dihaluskan, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, serai, asam kandis, biji pala, dan garam. Masak dengan api kecil sambil diaduk.
- Masukkan ayam, lalu masak sampai ayam matang dan kuah mengental. Angkat.

Catatan: Apabila ayam sudah empuk namun kuah belum kental dan berminyak, angkat dan pisahkan ayam. didihkan kuahnya dengan api kecil sampai santan berminyak, lalu masukkan kembali. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar