Udang Gula Jawa


Masih dengan edisi masakan. Kali ini saya bikin udang gula jawa. Gula jawa itu apa ya? Gula merah apa gula aren? Yang kali ini saya bikin pakai gula aren karena pas ada stok gula aren yang sudah disisir. Ayah kirana itu tiap malem pasti minta dibikinin rebusan gula aren dan kunyit, katanya bagus untuk yang punya penyakit maag. Lebih ringan perutnya setelah minum rebusan gula aren dan kunyit.

Untuk area Pontianak, gula aren itu ga mudah ditemukan. Yang banyak dijual di pasaran yang dibungkus kantong plastik itu gula merah. Kalau gula aren ukurannya besar dan dibungkus dengan daun. Kata penjualnya gula merah itu dibuat dari pohon kelapa, kalau gula aren dibuat dari pohon aren. Gula aren lebih nikmat jika digunakan untuk minuman. Saya menemukan gula aren itu pas ada pameran. Gula arennya dari daerah Batang Tarang, Sanggau. Harganya pun juga 2 kali lipat dari harga gula merah. Karena langka kali ya jadinya mahal.

Balik lagi cerita udang gula jawa, rupanya udang dimasak ala ala gini enak lo. Eh tapi, udang itu diapa-apain juga enak kan ya. Harum dari jeruk purut sangat menggoda. Ga ada bau amis sama sekali. Padahal udang yang saya pakai udang yang sudah saya bekuin bukan udang segar. Tapi tetap paporit. Dimakan hanya dengan nasi hangat dan sambal udah enak banget kan ya....

Resep diambil dari bukunya Primarasa - Sedap-sedapan ala Indonesia

Bahan:
750 gram udang ukuran sedang
4 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, cincang
6 butir bawang merah, iris-iris
10 lembar daun jeruk
2 buah tomat hijau, cincang kasar (saya potong dadu)
2 buah cabai merah besar, iris 1 cm (saya cuma pakai 1 buah)
30 gram gula jawa, sisir
4 sdt air asam jawa
1 1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
125 ml air

Cara Membuat:
- Kupas udang, biarkan ekornya. Belah punggung udang jangan sampai putus. Buang urat hitamnya. (ekor udang saya buang supaya Kirana lebih mudah makannya)
- Panaskan wajan di atas api sedang, beri minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan daun jeruk, aduk rata.
- Tambahkan tomat, cabai, gula jawa, air asam, garam, dan merica. Tuangi air, aduk rata.
- Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna, dan biarkan hingga mendidih, angkat.
- Pindahkan masakan ke dalam wadah saji, hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar