Tumis Sepi


Tumis sepi? Apa itu? Belum pernah dengar! Jadi tumis sepi adalah makanan khas Bima, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari udang rebon yang disebut "sepi bou". Di Bima, tumis sepi ini biasa disajikan bersama lalapan, sayur bening, atau sayur asam.

Jadi tumis sepi ini nama lainnya adalah tumis udang rebon. Rasanya sedap... asem, pedas, dan gurih berpadu menjadi satu. Masakan yang murah meriah tapi sungguh nikmat. Alhamdulilah masih diberi nikmat makan.

Oh ya, pengen cerita soal pan yang saya pake ini. Ini saya pake udah lebih dari 10 tahun. Dulu dapet hadiah tukar stamp di Hypermart, mereknya Royalvkb (bisa dilihat di gagang di foto paling bawah). Sekarang saya udah males ngumpulin stamp, kalau pun dapat stamp entah kemana-mana stampnya. Makin kesini, makin kurang oke hadiahnya, mahal pula tambahan biayanya. Dulu awal make pan ini pas kami masih masak pakai kompor minyak tanah. Makanya bawahnya udah boncel-boncel. Tapi karena pan ini tebal, makanya sampai sekarang masih mantap dipake masak. Sesekali mejeng di foto bagus juga rupanya. Ini bukan promo pan ya..

Resep diambil dari bukunya Primarasa - Sedap-sedapan ala Indonesia

Bahan:
3 buah tomat hijau (saya gunakan 2 buah tomat oren, pas beli masih hijau, satu minggu di kulkas jadi oren tomatnya, jadi ya pake aja)
2 sdm minyak goreng
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
50 gram udang rebon kering, cuci, tiriskan
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Bumbu Iris:
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
2 buah cabai merah
2 buah cabai hijau
3 buah cabai rawit merah (saya ga pake)
4 lembar daun jeruk

Cara Membuat:
- Potong-potong tomat hijau menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera, sisihkan.
- Panaskan wajan di atas api sedang, masukkan lengkuas dan serai, tumis hingga harum. Masukkan bumbu iris, tumis hingga bumbu harum dan agak layu.
- Masukkan udang rebon, aduk hingga rata dan udang bercampur bumbu.
- Masukkan tomat hijau, aduk hingga agak layu. Tambahkan gula dan garam, aduk rata, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar