Sup Ayam


Mungkin sup ayam adalah menu yang sudah biasa dinikmati oleh teman-teman semua. Tapi saya amat jarang bikin sup ayam untuk keluarga saya. Seringnya itu ya sup kentang atau sup makaroni gitu, tanpa tambahan ayam. Kenapa saya jarang bikin supa ayam? Karena buat saya ga jelas sup ayam itu lauk apa sayur. Karena ga mungkin juga cuma makan sup ayam dengan nasi doang, biasanya saya malah masak lauk dan sayur yang lain lagi. Seperti yang kali ini saya bikin sup ayam, saya malah goreng ikan tenggiri dan masak kangkung. Ga nyambung kan ya?

Sup ayam yang kali ini saya bikin mirip dengan sup ayamnya restaurant A&W. Cuma menggunakan ayam, wortel, dan tomat. Buat yang mau mencobanya, biji tomat wajib dibuang ya. Kalau ga dibuang, supnya bakalan berasa asam dari biji tomat yang ikut dimasak. Tapi karena menggunakan margarin, kalau kondisi supnya tidak panas, maka margarinnya terlihat mengambang di permukaan sup. Seperti yang saya foto ini, karena kelamaan menunggu sesi pemotretan, sup pun dingin. Pas mau difoto baru sadar kalau sup ga jernih karena bumbu ditumis pakai margarin. Tapi masa iya balik lagi mau panasin supnya kan. Ya sudah lah difoto saja apa adanya.

Oh ya, sup ayam saya ini entah kenapa ga bisa bening warnanya. Banyak faktor sebenarnya yang bikin sup ayam ini ga bening. Mulai dari dada ayam yang masih ada lemaknya, sampai penggunaan air kaldu. Saya menggunakan air + kaldu ayam bubuk non msg. Beberapa kali bikin masakan berkuah menggunakan kaldu bubuk non msg itu memang agak keruh kuahnya. Tapi karena untuk konsumsi sendiri ya ga masalah lah ya. Saya malah mikir jangan-jangan sup ayam di restaurant yang bisa bening cantik itu cuma pake air dan kaldu blok terus ayamnya direbus terlebih dahulu, air kaldu dibuang, baru dimasukkan ke sup dan dimasak kembali, makanya bening aja sup ayamnya. Bisa jadi kan?

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Paket Menu Praktis Untuk Sehari-hari

Bahan:
1 potong dada ayam
1 sdm margarin untuk menumis
1 butir bawang bombay, iris bulat (saya potong 2, baru iris memanjang)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica butir
Garam secukupnya
1/4 biji pala, memarkan

2 batang wortel, potong dadu
1250 ml kaldu ayam (saya gunakan air + 3 sdm kaldu ayam bubuk non msg)
2 buah tomat, buang bijinya
2 batang daun bawang, iris tipis
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Potong-potong daging ayam seukuran dadu, singkirkan kulitnya. Sisihkan. Potong-potong juga wortel dan tomat seukuran dadu. Sisihkan.
- Panaskan margarin, tumis bawang bombai sampai layu. Masukkan bumbu halus dan biji pala. Lanjutkan menumis sampai bumbu harum dan matang.
- Masukkan irisan daging ayam dan wortel, aduk rata. Beri air kaldu, masak sampai wortel dan daging ayam matang. Masukkan tomat, irisan daun bawang, dan gula pasir. Masak dengan api kecil sampai mendidih. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar