Spicy Chicken Wing


Pernah makan spicy chicken wing kemasan? Mahal kan? Coba deh bikin sendiri, mudah, murah meriah, sayap ayamnya bisa pilih yang besar-besar pula.

Spicy chiken wing buatan sendiri pasti lebih terjamin kebersihannya. Tapi jangan sering-sering mengkonsumsinya ya, terutama anak-anak. Walau buatan rumahan tetapi di dalam spicy chicken wing ini masih ada kandungan msg dan pengawet yang didapat dari saus tiram, saus tomat, dan saus cabe. Kalau kecap manis dan kecap asin saya sudah pakai yang non msg. Tapi bahan-bahan yang lain masih belum bisa menghindari msg-nya. Jadi jika sebulan sekali makan spicy chicken wing ini masih boleh lah.

Jika dibandingkan dengan spicy chicken wing kemasan, spicy chicken wing buatan sendiri masih terkontrol kandungan garamnya. Enak sih, enak banget malah jika dibandingkan dengan spicy chicken wing kemasan itu. Kalau di lidah saya, spicy chicken wing kemasan lebih asin dan lebih berwarna gelap jika dibandingkan dengan yang rumahan. Tapi spicy chicken wing ini beneran enak, tanda-tanda bahwa spicy chicken wing ini enak, Kirana pasti jilatin tangan dan tulang ayamnya tiap habis makan.

Saya sengaja marinade sayap ayamnya selama semalaman. Jadi malam saya marinade, simpan di wadah tertutup, taruh di kulkas, paginya baru diungkep dan digoreng. Ungkep sayap ayamnya ga boleh terlalu lama. Setelah itu, bisa langsung digoreng atau dibakar. Jika digoreng, minyak hasil gorengan akan kotor karena ada karamelisasi dari gula di ayamnya. Tapi ga masalah, tinggal disaring saja. Gorengnya jangan lama-lama ya, ayam mudah hangus.

Resep saya ambil dari bukunya Pak Sahak dan Teh Nenis - 99 Masakan Harian Ala Resto

Bahan:
500 gram sayap ayam, potong 2
100 ml air

Bumbu: (aduk rata)
4 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
5 sdm saus tomat
2 sdm saus cabai
1 sdt saus tiram
2 sdm madu
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (saya pakai agak banyak)

Cara Membuat:
- Lumuri ayam dengan bumbu, diamkan selama 30 menit. (saya diamkan semalaman di dalam kulkas)
- Tambahkan air, lalu ungkep selama 15 menit dengan api sedang. Angkat dan tiriskan.
- Panggang selama 25 menit dengan panas 180 C atau goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar