Ketan Durian


Musim durian datang... Hmm... Pontianak lagi banjir durian. Belum panen raya sih. Sekarang kisaran harganya 10 ribu per buah. Biasanya kalau pas panen raya, harganya cuma 3 ribuan aja per buah. Buat pecinta durian seperti saya, senang rasanya jika dapat durian yang murah dan bagus isinya. Kalau orang Pontianak bilang durian yang wokeh itu "durian kucing tidur", isinya padet, dagingnya tebal, bijinya kecil.

Dulu jaman nenek masih ada, beliau selalu membuatkan kami para cucunya ketan durian. Dulu kan durian mahal, kalau duriannya diolah seperti ini, semua bisa kebagian nyicipin durian yang sudah diolah seperti ini. Jadi satu buah durian bisa dinikmati seisi rumah.

Kayaknya jaman dahulu kala saya pernah posting deh ketan durian versi saya, ketannya diaron dulu baru dikukus. Ketannya pakai santan. Jadi berlemak sekali rasanya. Yang saya bikin kali ini saya adaptasi dari resep kolak ketan duriannya ncc. Tapi tanpa kolak dan ketan urap, jadi cuma ketan dan durian aja. Saya penasaran dengan ketan yang cuma dikukus kok bisa mateng ya. Rupanya beneran bisa matang. Tapi buat saya pribadi, saya lebih suka ketan yang menggunakan santan karena rasanya jadi lebih gurih.

Eh iya, gara-gara bikin ketan yang cuma dikukus ini saya jadi penasaran, bisa ga ya bikin lemper tapi ketannya cuma dikukus doang seperti ini, pasti kan lebih cepat kan ya selesainya. Next time, tak coba bikin lemper dengan metode ketan dikukus seperti ini deh.

Resep saya adaptasi dari Kolak Ketan Durian yang ada dibukunya NCC - 60 Resep Desert dan Minuman Anti Gagal.

Bahan Ketan:
300 gram beras ketan
300 ml air mendidih
1/2 sdt garam

Kuah Durian:
3 biji durian
300 ml santan encer
75 gram gula pasir

Cara Membuat:
- Ketan: kukus beras ketan hingga panas, siram dengan air mendidih, aduk rata, kukus lagi hingga matang. Angkat.
- Kuah Durian: masak semua bahan hingga mendidih. Angkat.
- Penyajian: dalam wadah, taruh sedikit ketan kukus, siram dengan kuah durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar