Roti Goreng Sosis


Entah kenapa anak-anak suka sosis, begitupun Kirana. Tapi saya sangat jarang memberikan masakan atau kue yang ada sosisnya. Palingan sebulan sekali Kirana makan sosis. Jadi sosis merupakan salah satu makanan yang mewah bagi Kirana. Buat saya, sosis yang kemasan itu pasti ada pengawetnya, msg juga, dan entah bahan-bahan apa lagi yang ada di dalamnya. Mau bikin sosis sendiri kok ya males. Saya belum pernah bikin sosis sendiri, ntar deh kalau waktunya tepat, saya akan belajar bikin sosis sendiri.

Kali ini saya cobain bikin roti goreng sosis. Rotinya homemade, bukan menggunakan roti tawar yang sudah siap pakai. Yang difoto tinggal 2 karena saya bikin roti sosisnya tadi malem, Kirana dan Ayahnya minta digoreng tadi malam juga, jadi roti yang bisa saya sembunyikan untuk difoto cuma ada dua. Jadi harap dimaklumi jika bentuk rotinya sudah kurang cantik. Tadi moto pun cuma bisa seadanya karena sambil moto sambil ditungguin Kirana.

Resep saya ambil dari bukunya Primarasa - Roti Goreng dan Kukus.

Bahan Roti:
40 gram gula pasir
25 ml air hangat
250 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 bungkus ragi instant
1/2 sdt garam
1 buah telur, kocok lepas
100 ml susu hangat

Bahan Isi:
20 buah sosis sapi, belah ujungnya menjadi 4 bagian
2 butir telur, kocok
150 gram tepung roti kasar

Cara Membuat:
- Roti: Aduk gula pasir dan air hangat hingga gula larut, sisihkan. Taruh tepung terigu, ragi dan garam di dalam mangkuk. Buat lubang di tengahnya. Tuangi lubang tepung dengan air gula, telur, dan susu. Aduk hingga adonan licin dan kalis. Bulatkan adonan, diamkan hingga adonan mengembang dua kali dari ukuran semula kurleb 30 menit.
- Kempiskan adonan dengan cara meninju dengan kepalan tangan. Potong-potong dan timbang seberat 30 gram. Bentuk bulat adonan dan diamkan lagi selama 10 menit hingga mengembang. Gilas setiap bulatan menjadi ukuran 5 x 8 cm.
- Taruh sebuah sosis di atas lembaran adonan, lalu gulung. Usahakan ujung sosis keluar dari kedua ujung gulungan. Istirahatkan lagi selama 10 menit.
- Panaskan minyak goreng yang banyak di dalam wajam, olesi adonan yang sudah diisi sosis dengan telur kocok, lalu gulingkan ke dalam tepung roti.
- Masukkan ke dalam minyak panas, goreng hingga matang, ujung sosis mekar, dan roti berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar