Lumpur Pandan


Kali ini saya bikin lumpur pandan yang ga hejo. Kenapa ga hejo? karena hejonya nanggung banget, kayaknya daun suji dan daun pandannya lagi ngambek nih, jadinya si hejo ala kadarnya. Di foto aja entah yang ketangkap warna hejo atau bukan, entahlah..

Saya selalu suka dengan kue lumpur. Entah seberapa sering saya bikin kue lumpur, yang pasti cukup sering sehingga di blog saya itu mudah sekali ditemukan postingan kue lumpur dalam berbagai variasi. Engga pernah bosan makan kue lumpur. Eh iya, saya belum ketemu lho yang jual kue lumpur di Pontianak. Mungkin karena kue lumpur bukan kue yang famous di Pontianak. Tiap ada acara entah itu arisan atau pengajian, saya selalu bikin kue lumpur. Yang cicipin kue lumpurnya suka takjub dengan rasa dan tekstur kue lumpur. Mungkin karena kue lumpur bukan kue yang dijual bebas ya (kayak obat aja ada yang dijual bebas). Hohoho....

Tekstur lumpur yang saya bikin ini ga gampang hancur, jadi jangan khawatir kalau kue akan hancur ketika diangkat dari cetakan. Kuenya lembut tapi tetap kokoh.

Resep hasil modifikasi saya.

Bahan:
3 butir telur
100 gram gula pasir
150 gram kentang, kukus, haluskan (saya gunakan 30 gram kentang flakes + air panas ditimbang hingga 150 gram, aduk rata)
150 gram tepung terigu
75 gram margarin cair
400 ml santan kental (saya gunakan 200 ml santan instant + 200 ml air hangat)
15 lembar daun suji + 10 lembar daun pandan, cuci bersih, potong seukuran 5 cm
50 gram daging durian

Cara Membuat:
- Blender daun suji, daun pandan, dan santan kental hingga halus. Saring ampasnya, ambil santannya)
- Masukkan telur, gula pasir, kentang, tepung terigu, mentega cair, santan yang sudah diblender, dan daging durian ke dalam blender. Proses hingga adonan menjadi halus.
- Panaskan cetakan kue lumpur, alasi bagian bawah dengan loyang bekas supaya panasnya merata.
- Jika sudah panas, olesi cetakan dengan margarin.
- Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 dari tinggi cetakan. Biarkan hingga setengah matang, beri kismis, tutup cetakan. Biarkan hingga matang. Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar