Ayam Goreng Tepung Manis Pedas


Ayam lagi dan lagi. Jangan bosan ya saya posting ayam mulu. Sekedar menuh-menuhin postingan, jadi yang ga penting gini pun saya posting.

Kali ini cobain ayam goreng tepung manis pedas. Sedapp banget ayam dimasak seperti ini. Jadi dada ayam dipotong memanjang, kasi terigu atau tepung berbumbu juga bisa. Baru dimasukan ke dalam tumisan sausnya. Masya Allah nikmatnya makan. Oh ya, dijudulnya ada nama pedas ya, tapi ayam yang saya bikin ini sama sekali ga pedas karena untuk dimakan Kirana juga. Terus kok di gambar ada cabenya? Itu kan cuma garnis doang. Biar tjakep gitu fotonya.

Oh ya, masih penasaran nih dengan daun ketumbar. Sekilas mirip dengan daun seledri. Kalau di Pontianak, kami bilang daun seledri itu daun sop. Bentuk daun ketumbar memang mirip, yang membedakan adalah baunya. Saya belum pernah ketemu yang jualan daun ketumbar. Mungkin karena masakan di Pontianak ga familiar dengan daun ketumbar. Hmm masih penasaran, apa nanem sendiri aja kali ya..

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Lauk Praktis Dari Ayam

Bahan:
1 potong dada ayam
150 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt bubuk merica
Minyak untuk menggoreng dan menumis


1/2 buah bawang bombay, iris tipis
4 siung bawang putih, memarkan, cincang
3 cm jahe, iris tipis
3 buah cabai merah, potong besar-besar (saya ga pake)
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt bubuk merica
200 ml air
2 tangkai daun ketumbar, potong besar-besar (saya ga pake)
50 gram kacang tanah kupas, goreng

Cara Membuat:
- Iris daging ayam seukuran jari, campur dengan tepung terigu yang diayak bersama garam dan merica. Goreng satu persatu dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, dan cabai merah sampai layu dan matang. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, gula pasir, bubuk merica, dan air. Aduk rata, lalu masak sampai mendidih.
- Masukkan ayam goreng tepung, daun ketumbar, dan kacang goreng. Aduk sampai tercampur rata. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar