Chesnut Cookies


Mari bikin kukis lagiii. Rajin amat yak saya. Kali ini bikin chesnut cookies. Kukis perpaduan antara keju dan kacang. Chesnut cookies ini kurang berasa kejunya. Kalah dengan kacang. Mungkin karena saya haluskan kacangnya ga terlalu halus jadinya di tiap gigitan masih berasa kacangnya. Walau takaran keju yang diberikan lebih banyak dari kacang, tetapi tetap saja kacangnya mendominasi rasa. Tapi saya suka sekali dengan harumnya...

Bikin kukis ini di"bantu" sama Kirana. Kirana bantu cetak dan ngambil kukis yang sudah dicetak terus dipindahin ke loyang. Jadi harap dimaklumi jika bentuk hatinya tidak sama persis tiap cookiesnya. Tapi bikin cookies kali ini jauh lebih rapi dari cookies-cookies yang sebelumnya , berarti ada peningkatan kemampuan motorik dari Kirana. Alhamdulilah..

Resep diambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Kue Kering Klasik dan Populer

Bahan:
150 gram margarin
60 gram mentega
1 sdt vanili
40 gram gula halus
1 butir telur ayam
50 gram kacang mede halus
100 gram keju cheddar parut
250 gram tepung terigu protein rendah
50 gram susu bubuk
25 gram tepung maizena
1 butir kuning telur, kocok lepas untuk olesan
50 gram kacang mede, cincang kasar untuk taburan
Margarin secukupnya, untuk olesan loyang (saya ga pake)
Kertas roti secukupnya (saya pake baking paper anti lengket, jadi ga perlu olesan margarin lagi)

Cara Membuat:
- Panaskan oven hingga suhu 160 C. Olesi loyang dengan margarin atau alasi dengan kertas roti. (saya panaskan oven ketika semua adonan sudah siap, kukis tidak masalah jika menunggu lama, karena pengerjaan kukis itu lama, jadi mubazir gas jika oven dipanaskan)
- Kocok margarin, mentega, vanili, dan gula halus menggunakan mikser kecepatan rendah hingga rata. Masukkan telur, kacang mede, dan keju parut, aduk rata dengan spatula.
- Gilas adonan setebal 3-5 mm. Cetak dengan cetakan cookies bentuk bunga. Olesi permukaan atasnya dengan kuning telur, lalu taburi dengan kacang mede cincang. (saya gunakan cookies hati)
- Panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan.
- Simpan di wadah bertutup rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar