Tumis Brokoli


Saya baru tahu lho jika menumis brokoli yang betul yang seperti ini. Jadi brokoli direbus dulu hingga mendidih, angkat, rendam air es, tiriskan, dan baru ditumis. Selama ini kalau menumis brokoli saya rendam dengan air hangat dan garam doang baru ditumis, makanya anyep. Jarang masak brokoli juga sih. Mahal. Ahahahaha...

Jadi pas belanja ke Pasar Flamboyan ngeliat brokoli tjakep banget. Itu brokoli saya liatin terus sambil mikir beli apa ga ya. Akhirnya beli juga. Sekuntum sedang 20 ribu. Terus langsung saya masak sesuai petunjuk. Alhamdulilah... Kirana suka rupanya. Kaget saya. Dulu kalau dikasi brokoli dilepehin. Ini dimakan gitu aja brokolinya. Rupanya selama ini teknik masaknya saya yang belum tepat.

Resep saya ambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Paket Menu Komplit 30 Hari

Bahan:
800 ml air biasa
500 gram brokoli, potong per kuntum
700 ml air es
1 sdm minyak goreng
3 sdm air

Bumbu:
2 siung bawang putih, memarkan
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat:
- Didihkan 800 ml air, masukkan brokoli, rebus hingga lunak. Angkat dan langsung rendam dengan 700 ml air es agar warna brokoli tetap hijau segar. Jika brokoli sudah dingin, tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan brokoli, beri garam dan merica, aduk rata.
- Tuang 3 sdm air, masak hingga bumbu rata dan meresap ke dalam brokoli. Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar