Ayam Cah Mede


Ahaaaa olahan ayam lagi. Jangan bosan ya liat postingan saya tentang ayam mulu... Kirana lagi senang-senangnya makan ayam. Jadi saya dan ayahnya mengikuti selera Kirana. Semua pun dibuat tanpa cabe.

Baru kali ini saya cobain ayam dimasak dengan tambahan mede. Enak lo. Ada sensasinya makan nasi dengan kacang mede. Hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Kirana juga suka ayam dimasak seperti ini. Walau medenya ditepiin, yang dimakan cuma ayamnya.

Disini saya pengen berbagi cerita tentang memotong ayam berbentuk dadu. Kali aja ada yang belum tahu. Bagian yang paling ideal dipake adalah bagian dada ayam. Cantik ketika dipotong dadu. Bisa benar-benar kotak. Kalau saya itu penyimpan makanan beku. Karena belanja cuma seminggu sekali, jadi beli ayam dan sayur sekalian banyak. Ayam saya masukan ke dalam wadah bening bertutup ukuran 1 liter yang berbentuk kotak supaya bisa muat banyak di freezer. Satu wadah untuk satu kali masak. Sekitar 8-9 potongan ayam. Dengan cara seperti ini tidak merusak makanan yang lain yang masih beku. Ayam ditata dan tiap lapisan diberi alas plastik es batu supaya gampang mengeluarkan ayam. Dalam keadaan masih setengah beku, potong ayam berbentuk dadu. Jika masih setengah beku, maka potongan betul-betul bisa sangat rapi.

Yang saya bikin ini ga cuma bagian dada. Tapi dicampur dengan paha, sayap, dan kulit. Jadinya bentuk potongannya ga rapi. Sulit untuk memotong dadu untuk paha dan sayap. Jadi ya sekedarnya aja memotong paha dan sayap. Jadi harap dimaklumi jika bentuknya acak adut.

Resep saya ambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Paket Menu Komplit 30 Hari

Bahan:
2 sdm minyak
500 gram ayam fillet, potong-potong
100 gram kacang mede, goreng hingga kecoklatan

Bumbu Halus:
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe

Bumbu Tambahan:
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
5 buah cabai merah kering, iris bulat (saya ga pake)
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat:
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna.
- Beri saus tiram, kecap inggris, cabai kering, garam, dan merica. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Angkat. (ketika dimasak saya tambahkan sedikit air)
- Campur ayam dan kacang mede, aduk rata dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar