Gulai Korma Ayam


Gulai korma ayam ini merupakan masakan dari Aceh. Gulai korma ayam dikenal juga dengan nama ayam kurma. Ayam kurma dikenal juga di beberapa daerah di Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Malaysia. Jadi kemungkinan besar ayam kurma ini asalnya dari Asia Selatan, mereka bermigrasi dan bekerja di negara-negara lain, kemudian membawa serta apa yang biasa mereka makan, salah satunya ya ayam kurma.

Ketika saya jalan-jalan ke kuching, saya coba icip ayam kurma di salah satu restoran, bumbunya sangat kuat kalau buat saya. Terasa seperti masakan India. Kalau dirunut ya wajar karena banyak orang India di Malaysia. Nah bisa jadi pengaruh masakan india itu juga masuk ke Aceh. Tapi bumbu gulai korma ayam yang saya bikin ini rasanya lebih "mild" dan masih nyaman di lidah saya ketimbang ayam kurma yang pernah saya makan di Kuching.

Dulu saya ga mudeng lho ayam kurma itu apaan. Saya kira ayam dimasak ada buah kurma dimasukin ke dalamnya. Sampai sekarang pun saya masih belum mengerti kenapa dinamakan ayam kurma walau dimasak tanpa kurma.


Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
1 ekor (800 gram) ayam kampung, potong 8 (saya pakai ayam broiler, potong 10)
1 sdt garam
1 sdm air jeruk nipis
1 1/2 butir kelapa tua untuk 750 ml santan encer dan 250 ml santan kental
1 potong asam kandis
1/4 butir kelapa parut, sangrai, haluskan
2 cm lengkuas, memarkan
4 butir cengkih
1 butir kapulaga
1/4 buah biji pala

Bumbu Halus:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1 potong jahe parut / cincang
1/2 sdt kunyit parut / cincang (tidak mutlak)
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ayam dengan campuran air jeruk nipis dan garam, biarkan 15 menit, tiriskan.
- Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng sampai harum, masukkan lengkuas, cengkih, kapulaga, biji pala, dan ayam, aduk sampai daging ayam kaku.
- Tambahkan santan encer dan kelapa sangrai, dengan api kecil masak ayam sampai mulai empuk. Masukkan santan kental dan asam kandis, aduk sesekali. Masak sampai kuah asat dan berminyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar