Roti Kukus Ala Pizza


Hmm eksplorasi resep baru. Roti kukus ini buat saya lebih mirip bakpao ya. Udah lamaaa sekali saya ga bikin bakpao. Saking lamanya sampai lupa kapan terakhir kalinya membuat bakpao. Dan seperti biasa, bakpao yang saya bikin pun ga bisa mulus. Keriput-keriput kulitnya. Entah dimana salahnya, atau entah Kirana bantu bulet-buletin jadi ga mulus adonannya. Tapi percayalah, rasanya enak sekali walau penampilannya kurang menggugah.

Yang saya masih harus belajar banyak itu di proses pengisian. Saya ngisinya ga bisa banyak. Jadi 1 resep isian ini bisa untuk 2 resep kulit. Kenapa ga bisa diisi banyak, karena jika diisi banyak, saya ga bisa menutup adonan rotinya. Ketika ditutup pun seringnya terbuka lagi jika diisi kebanyakan. Walaupun sebenarnya kulitnya masih bisa ditipisin lagi biar wadah yang bisa diisi lebih lebar, tapi khawatir kulit robek pula. Jadi ya ngisi isiannya sedikit aja.

Oh ya, roti ini berukuran mini ya. Jangan membayangkan bakpao yang berukuran besar. Tapi saya puas sekali membuat roti kukus ala pizza ini. Nikmat sekali ketika dimakan dalam keadaan hangat. Masya Allah, sedap... Next, akan coba bikin yang isian susu keju aja.

Resep diambil dari bukunya Saji - 21 Resep Cake dan Roti Kukus Istimewa

Bahan Kulit:
200 gram tepung terigu protein rendah
15 gram susu bubuk
1 sdt ragi instant
30 gram gula tepung
1/2 sdt baking powder
1 putih telur
75 ml air es
15 gram mentega putih
1/4 sdt garam
2 sdt oregano (saya ga pake)

Bahan Isi:
2 buah (250 gram) tomat segar, direbus, buang kulit dan isi, cincang halus (jangan gunakan tomat berukuran kecil ya, sangat melelahkan mengerjakan proses ini jika menggunakan tomat kecil)
1 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus (saya gunakan 1 buah ukuran kecil)
100 gram daging giling
75 gram tomat pasta (saya ga pake)
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk (saya gunakan banyak)
1/2 sdt gula pasir
150 ml air
2 sdt oregano (saya ga pake)
2 sdm minyak, untuk menumis

Cara Membuat:
- Isi, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan daging giling. Tumis sampai berubah warna.
- Masukkan tomat, tomat pasta, garam, merica, dan gula. Aduk rata. Tuang air dan oregano. Masak sambil diaduk sampai kental. Angkat. Dinginkan.
- Kulit, aduk rata tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, gula tepung, dan baking powder. Tambahkan putih telur dan air es. Uleni sampai kalis. Masukkan mentega putih, garam, dan oregano. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
- Timbang adonan 20 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Pipihkan adonan. Beri isi. Bentuk bulat.
- Letakkan di atas kertas roti. Diamkan 25 menit sampai mengembang.
- Kukus di dalam pengukus yang telah dipanaskan, di atas api sedang 10 menit sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar