Lapis Kacang Hijau


Entah berapa lama saya ga pernah bikin kue yang lapis melapis seperti ini. Yang pasti lamaaa sekali... Bukannya saya ga doyan makan kue lapis, tapi proses pengerjaan yang dibikin lapis per lapis cukup menyita waktu. Sampailah di suatu hari saya menemukan bukunya tim dapur demedia tentang aneka lapis kukus. Dannn saya kepincut dengan salah satu resep di dalam buku yaitu lapis kacang hijau.

Saya pecinta es kacang hijau. Tapi saya ga suka gandasturi karena isian di dalamnya ada kacang hijau. Kalau kue ku atau onde-onde yang menggunakan kacang hijau kupas kulit, saya suka. Dan saya rupanya suka dengan lapis kacang hijau ini. Rasanya seperti makan es sari kacang hijau. Sedapp..

Manisnya pas, saya bikin 1/2 resep aja udah banyak hasilnya. Untuk kami bertiga, sudah lebih dari cukup. Masih bisa dibagi-bagi pula. Untuk 1/2 resep saya gunakan loyang 16x16x6 cm. Tiap lapisan saya tuang 200 ml. Nahh yang paling akhir itu adonan putihnya cuma tinggal 150 ml. Kalau adonan hijau pas takarannya. Cantik kan???

Oh ya, kue dikeluarkan dari loyang ketika kue dalam keadaan dingin ya. Jangan panas-panas dikeluarkan karena kue akan patah dan berubah bentuknya. Jika dikeluarkan dalam keadaan dingin, maka kue akan mulus. Cuma saya masih belum pandai memotongnya. Masih ga mulus. Padahal sudah pakai pisau tajam yang dipanaskan ke api. Tapi tetap ga bisa mulus.

Resep saya ambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Aneka Kue Talam dan Lapis Kukus. Resep di bawah ini untuk 1 resep ya, jika mau bikin 1/2 resep silakan dikonversi sendiri.

Bahan I:
600 ml santan dari 3/4 butir kelapa (untuk 1/2 resep saya menggunakan 200 ml santan instant + 100 ml air hangat)
250 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung beras
1/2 sdt garam

Bahan II:
250 gram kacang hijau, rebus sampai matang
650 ml santan dari 3/4 butir kelapa (untuk 1/2 resep saya menggunakan 200 ml santan instant + 150 ml air hangat)
50 gram gula pasir
100 ml air daun suji (daun suji dipotong kecil-kecil, tambah air, blender, saring, karena warnanya ga terlalu mau keluar, saya tambahkan 3 tetes pewarna hijau)
250 gram tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung beras

Cara Membuat:
- Campur santan, tepung terigu, gula pasir, tepung maizena, tepung beras, dan garam. Aduk sampai menjadi adonan yang licin.
- Tiriskan kacang hijau, kemudian blender bersama santan, gula pasir, dan air daun suji. Tuangkan ke dalam campuran tepung terigu, tepung maizena, dan tepung beras. Aduk sampai rata.
- Tuang 200 ml adonan kacang hijau ke dalam loyang yang sudah dioles minyak. Kukus selama 10 menit. Tuang 250 ml adonan putih ke atasnya, kukus lagi selama 10 menit. Lakukan berulang untuk sisa adonan. Kukus lapis kacang hijau selama 20 menit. Angkat. (saya untuk adonan putih dan hijau sama-sama 200 ml, dimulai dengan hijau dan berakhir dengan hijau juga, di lapisan terakhir, kukus selama 20 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar